Ciee, Korut Sama Korsel Mau Baikan, Ada Apa?


Korea Utara (Korut) menerima tawaran untuk menghadiri perundingan tingkat tinggi dengan Korea Selatan (Korsel) pekan depan. Pertemuan tersebut diperkirakan akan digelar di Panmunjom, di perbatasan kedua Korea.

Pertemuan rencananya akan dilaksanakan pada 9 Januari 2018. Pertemuan ini akan berfokus pada pembicaraan atlet Korut untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Korsel pada bulan Februari.

Pemimpin Korut Kim Jong Un akan mengirimkan delegasi ke olimpiade. Ia juga mengatakan, ini merupakan kesempatan bagus untuk menunjukkan persatuan antar orang Korea.
Upaya Dialog Damai Korea

Upaya Dialog Damai Korea (Reuters)

Pembicaraan akan dilakukan oleh kedua belah pihak di zona bebas mmiliter atau zona demiliterisasi yang dijaga ketat. Pembicaraan pun hanya berfokus pada pembahasan seputar Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Ini menjadi pembicaraan tingkat tinggi pertama yang antar kedua Korea sejak Desember 2015. Belum jelas siapa yang akan hadir.

Presiden Korsel Moon Jae In sebelumnya mengatakan, ia melihat Olimpiade Musim Dingin sebagai kesempatan untuk memperbaiki hubungan antara Korea. Sebab dua negara masih dalam keadaan berperang.

Awal pekan ini, telah ada sebuah kemajuan kecil. Korut mengembalikan hotline telepon di perbatasan. Hal ini memungkinkan mereka untuk saling menghubungi dan berbicara mengenai perundingan lebih lanjut yang akan dilakukan.

Pejabat Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, penerimaan undangan untuk melakukan pembicaraan dikirim melalui Fax pada hari Jumat pagi. "Kedua pihak memutuskan untuk membahas masalah perundingan dengan bertukar dokumen," ujar Juru Bicara Kementerian Unifikasi Seoul Tae Hyun seperti dilansir Yonhap, Jumat, (5/1).

(iml/JPC/jawapos.com)