Pembangunan Jokowi Saat Ini Tidak Berorientasi pada Kepentingan Masyarakat, melainkan hanya Proyek


Agenda pembangunan Joko Widodo dinilai buka berorientasi pada masyarakat. Pembangunan yang ada saat ini malah dilihat sebagai basis proyek semata.

“Agenda pembangunan infrastruktur yang selama ini telah berjalan sebenarnya hanya berorientasi proyek, tidak berorientasi kepada masyarakat. Sebab, ekses belanja infrastruktur bagi pemulihan ekonomi dan daya beli masyarakat terbukti tak banyak,” kata Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, di akun Twitter pribadi miliknya, Sabtu (31/12/2107).

Fadli berpendapat seharusnya yang diperhatikan lebih itu bagaimana caranya daya beli masyarakat menanjak, bukan sebaliknya dan buka dengan pembangunan semata. “Melalui sejumlah pernyataan, saya telah mengingatkan pemerintah bahwa dalam jangka pendek, persoalan ekonomi utama yang harusnya diselesaikan adalah soal daya beli masyarakat.

Baru, dalam jangka panjang, pemerintah membenahi kemampuan produksi nasional.”

Sehingga menurut Fadli, dengan kerangka tersebut, infrastruktur yang seharusnya dibangun adalah infrastruktur pertanian dan industri, dan bukannya jalan tol. Pembangunan sektor pertanian dan perdesaan mestinya jadi prioritas pemerintah. [www.tribunislam.com]

Sumber : voa-islam.com