Di Indonesia, Belum Ada Tokoh Agama (Lain) yang Ditolak Kedatangannya oleh Imigrasi



Negara Indonesia, di samping dipertanyakan wibawanya oleh salah satu politisi seperti MS Ka’ban soal diusirnya ustadz Abdul Somad, ternyata juga diapresiasi karena belum pernah menolak warga negara asing, dalam hal ini tokoh agama saat tiba untuk melakukan kegiatannya.

“Di sinilah letak kehebatan Indonesia sebagai bangsa dan negara. Belum pernah terdengar ada ustaz, pastor, pendeta, biku, bikuni dan lain-lain yang dideportasi pas sampai di Indonesia. Imigrasi Indonesia lebih ‘hormat’ kepada mereka. Kecuali teroris or ceramah di daerah konflik seperti Papua,” tulis Indra J. Piliang dalam akun media sosial, Twitter pribadi miliknya, belum lama ini.

Padahal, jika Indonesia mau dapat melakukan penolakan yang sama seperti yang terjadi ke ustadz Abdul Somad saat tiba di Hongkong. “Semua negara punya alibi dan alasan subjektif untuk menolak seseorang untuk masuk ke negaranya, karena alasan-alasan seperti ini.”

Sebelumnya Indra menyebut bahwa penolakan tersebut oleh pihak imigrasi negara China membuktikan detilnya negara tersebut memperhatikan pekerjaan setiap orang yang ingin datang (WNI). Bahkan sampai detinya negara tersebut mengintip setiap aktivitas seseorang di media sosial.

Sumber: Voa-Islam