Yukz Mengenal Penyakit Hashimoto...


Ada jenis penyakit yang masih terdengar awam ditengah masyarakat. Baru-baru ini artis Hollywood Gigi Hadid mengaku menderita penyakit Hashimoto. Sebelumnya sudah ada artis lain yang juga mengaku mengalami penyakit tersebut yakni Zoe Saldana, Gina Rodriguez, dan Victoria Justice. Apa sebenarnya penyakit yang mereka alami itu?

Hashimoto adalah penyakit gangguan autoimun yang menyerang kelenjar tiroid di tubuh seseorang. Walau tampaknya parah, namun faktanya penyakit ini masih dapat ditangani oleh dokter.

Hal itu ditegaskan oleh dr Terry Davies, salah satu Profesor Kedokteran dan Direktur Divisi Endokrinologi di rumah sakit Mount Siani di New York City.

Menurutnya, penyakit itu terjadi saat ada peradangan di kelenjar tiroid. Gejalanya bermacam-macam tergantung tingkat keparahan sakitnya.

Untuk kasus hashimoto yang dialami oleh Gigi Hadid, gejala yang terlihat adalah terjadi penurunan berat badan. Selain itu, gejala lain yang bisa terjadi adalah justru kenaikan berat badan.

“Ketika tiroid gagal menjalankan tugasnya, tiroid yang rendah dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sehingga menyebabkan depresi dan kolesterol tinggi,” dr Davies menjelaskan dilansir oleh laman People.
Penurunan berat badan terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid dan memicu kematian sel. Bisa juga terjadi sel tiroid malah jadi terlalu aktif sehingga berpengaruh pada berat badan.

Akibat gejala yang lambat dialami pasien, dokter kadang ragu untuk menentukan bahwa seseorang terkena hashimoto, sama seperti beberapa kondisi autoimun lainnya.

Harapan untuk sembuh sama sekali memang tidak ada. Namun dokter mengatakan bahwa jalan untuk mengurangi gejala adalah melalui cara mengontrol hormon dengan kalibrasi dosis obat yang bertindak sebagai pengganti tiroid.

“Anda hanya perlu mengonsumsi dalam dosis yang tepat, dan dokter dapat mengukur dosis obat ini dengan sangat tepat,” kata dia.

 Sumber: wartakesehatan