Header Ads

Ya Ampun, Gereja Nigeria Ambruk Tewaskan 60 Orang


Atap sebuah gereja di Uyo, Nigeria, ambruk dan menewaskan sedikitnya 60 orang yang menghadiri pentahbisan seorang uskup.

Beberapa laporan menyebutkan jumlah yang jauh lebih tinggi, selain itu banyak orang diyakini masih terperangkap di bawah reruntuhan.

Saat atap tersebut ambruk, ratusan orang sedang berada di dalam Reigners Bible Church itu, termasuk gubernur negara bagian Akwa Ibom, Udom Emmanuel, yang dilaporkan selamat dari insiden tersebut namun mengalami luka.

Gereja itu masih belum selesai pembangunannya namun para pekerja dikerahkan untuk mempercepat pembangunannya agar bisa selesai untuk pentahbisan itu, kata para saksi.

Gubernur Udom Emmanuel mengatakan akan ada penyelidikan mengenai standar keselamatan gereja tersebut.

Seorang pejabat tim penyelamatan dikutip kantor berita AP mengatakan, telah menemukan 60 jenazah. Tetapi jumlah korban bisa meningkat karena dicemaskan masih ada yang tertimpa puing-puing serta balok-balok besi konstruksi.

"Misa rutin sedang berlangsung, sekitar 20 menit setelah gubernur tiba. Mendadak atap jatuh menimpa para jemaat. Gubernur segera diselamatkan, tetapi yang lain tidak begitu beruntung," kata seorang penyintas yang tak disebutkan namanya, seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Minggu (11/12/2016).

Bangunan runtuh sering terjadi di Nigeria, terutama karena penggunaan bahan di bawah standar dan melanggar peraturan bangunan.

Pada tahun 2014, di kota Lagos, puluhan orang tewas ketika sebuah asrama gereja milik seorang penginjil televisi Nigeria runtuh.

Presiden Muhammadu Buhari mengungkapkan kesedihan yang mendalam atas insiden tersebut.

Sumber: wartaekonomi
Powered by Blogger.