Jangan sampai selama masa kehamilan, Anda tidak memperhatikan asupan gizi bahkan tidak makan dengan teratur.

Apalagi saat kehamilan pertama, pola makan yang baik sangat penting bagi kesehatan ibu dan bayi.

Jika ibu hamil bekerja, seringkali asupan makanan dan minuman tidak diperhatikan dengan baik. Rutinitas pekerjaan jangan sampai membuat ibu hamil acuh tak acuh dengan pola makan. Jadikan bayi di dalam kandungan sebagai prioritas utama.

Ada banyak dampak gizi buruk terhadap ibu hamil. Beberapa efek yang paling umum dari buruknya nutrisi adalah berat badan lahir rendah, kematian janin, dan lainnya. Dilansir Boldsky, ada delapan dampak buruk akibat kurangnya nutrisi selama kehamilan.

1. Gangguan Neurologis
Ketika ibu hamil tidak makan dengan benar, dapat menyebabkan beberapa gangguan neurologis karena nutrisi yang tidak tepat. Dalam beberapa kasus, perkembangan otak atau tulang belakang anak akan terhambat.

2. Kehilangan Bayi
Jika Anda seorang ibu yang kekurangan gizi, Anda mungkin harus menanggung risiko kematian janin atau kematian di usia anak. Karena itu jangan pernah mengabaikan asupan makanan sehat.

3. Rendahnya Berat Badan Bayi Saat Lahir
Pola makan buruk kurang gizi selama kehamilan akan membuat bayi lahir dengan berat badan rendah. Bayi bisa jadi mengalami kondisi kronis dan lemah.

4. Pertumbuhan Tidak Memadai
Jika Anda tidak makan dengan benar yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya, bayi mungkin tumbuh sangat lambat.

5. Kurang Kalori
Dampak lainnya akan membuat bayi prematur karena kekurangan nutrisi dan kalori. Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi sekitar 2.200 kalori dalam trimester 1 kehamilan, sementara tingkatkan hingga 2.300-2.500 kalori selama trimester II serta trimester III.

6. Pengaruhi Gizi Bayi
Makan tiga kali sehari akan membentuk sistem nutrisi yang baik selama kehamilan.

7. Kurangnya Kalsium
Ingat, kalsium sangat penting untuk bayi Anda. Jika tidak, pertumbuhan tulang dan gigi bayi akan terhambat.

8. Kurangnya Asam Folat
Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan cacat pada tabung saraf. Jadi, cobalah untuk mengkonsumsi banyak sayuran hijau dengan daun seperti bayam, brokoli, alpukat, jus jeruk dan buah-buahan yang kaya akan asam folat.

Sumber: wartakesehatan
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: