Header Ads

Waspada, Ini Nih Penyebab IQ Bisa Turun...


Kebiasaan yang dilakukan dapat mengurangi kemampuan IQ. Sedangkan IQ atau intelligence quotient umumnya digunakan oleh orang untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir. IQ sendiri mencakup banyak hal, antara lain kemampuan merencanakan, nalar, memecahkan masalah, memahami gagasan, serta berbahasa dan belajar. Kemampuan tersebut tidak paten, sebab ada hal-hal tertentu yang membuatnya bisa turun, atau bahkan naik.

Kondisi IQ memang dipengaruhi berbagai faktor. Dilansir laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan IQ merosot turun:

Makanan manis

Pemilihan makanan yang kurang sehat dapat menurunkan IQ. Misalnya sarapan dengan makanan kaya glukosa atau gula sebaiknya jangan dilakukan pada remaja dan kanak-kanak yang sedang masa perkembangan kognitifnya. Lebih baik berikan makanan dengan protein dan sedikit karbohidrat serta vitamin.

Kurang protein

Makanan dengan protein tinggi sangat baik bagi kesehatan otot otak. Demikian juga makanan dengan kandungan vitamin B yang menunjang fungsi memori dan fungsi intelektual lainnya. Jika kekurangan nutrisi tersebut, maka otak tentu kesulitan bekerja dengan baik.

Merokok

Sebagai perokok pasif atau aktif, rokok tetap berpengaruh terhadap IQ. Asap rokok mengandung karbon monoksida yang bisa menyingkirkan level oksigen yang diserap oleh paru-paru menuju otak. Padahal otak butuh oksigen yang cukup untuk berfungsi maksimal.

Stres

Stres dapat mengganggu fungsi otak, juga menurunkan tingkat IQ. Produksi atau sekresi hormon stres dalam tubuh salah satu penyebab risiko terjadinya Alzheimer, penyakit yang menyerang otak.

Sumber: wartakesehatan
Powered by Blogger.