TERTANGKAP !!! 6 PEMUDA TENGIL SHOLAT DI ATAS JOK MOTOR

Semarang, - Enam remaja tanggung di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terpaksa berurusan dengan polisi gara-gara aksi iseng. Salah satu dari mereka berpose sedang melakukan ibadah di atas motor.

Foto tersebut kemudian diunggah di Facebook. Dari situlah foto ini kemudian ramai dibahas.

Foto yang berpotensi memicu keresahan masyarakat itu diposting salah satu remaja berinisial KM hari Senin (5/12) kemarin. Tidak berapa lama, foto itu diposting ulang banyak orang dengan caption yang menunjukkan keresahan pada aksi mereka. Wajah mereka pun viral menghiasi berbagai grup Facebook.

Unggah Foto Salat di Atas Motor, 6 Remaja di Jepara Dijemput PolisiFoto: Istimewa/Facebook
Kepolisian pun bertindak cepat untuk mengantisipasi keresahan masyarakat. Berbekal foto yang tersebar di Facebook, anggota Polres Jepara mencari tahu siapa saja para remaja itu. Setelah dilakukan penyelidikan, akhirnya didapati identitas remaja yang berpose sebagai imam.

"Kami temukan enam remaja. Kita datangi rumahnya," kata Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin, Selasa (6/12/2016).

Kasat Reskrim Polres Jepara, AKP Suwarsono menambahkan ia dan anggotanya hari Senin (5/12) malam kemarin mendatangi rumah remaja berinisial KM dan meminta lima remaja lainnya untuk berkumpul.

"Mereka itu satu sekolahan, satu kampung juga. Ketemu satu terus saya minta kumpul di salah satu rumah. Orang tua mereka kaget," tandas Suwarsono kepada detikcom.

Para remaja tanggung tersebut adalah KM (15), MA (16), MJ (15), MS (15), RK (16), dan DC (16). Mereka kemudian dimintai keterangan di Mapolres Jepara dan dilakukan apel serta pembinaan.

Kepada polisi, mereka mengaku hanya gaya-gayaan dan bermaksud agar terkenal. Namun mereka mengakui tidak bermaksud melecehkan agama Islam yang sebenarnya juga mereka anut itu.

"Mereka mengaku hanya iseng, ingin foto dan terkenal. Mereka bilang tidak tahu dampak perbuatan mereka. Masih kecil-kecil mereka, ditanya jawabannya polos," tandasnya.

Foto tersebut mereka ambil sepekan lalu setelah berwisata di Pantai Kartini Jepara. Di jalan, lima orang berpose dan satu orang mengambil foto. Remaja berinisial KM kemudian mempostingnya hari Senin (5/12) kemarin dengan caption "ws gaul th durung gan....? #gila" dan ternyata menjadi viral.

Polisi melakukan tindakan agar tidak terjadi keresahan. Setelah dilakukan pemeriksaan, para remaja itu dipulangkan namun wajib apel setiap hari Senin dan Kamis sembari diberikan pembinaan.

"Senin dan Kamis wajib apel untuk pembinaan. Yang penting sekarang masyarakat tahu mereka tidak punya tujuan jahat. Masyarakat tidak perlu resah," pungkasnya.