Header Ads

Ternyata Ini Penyebab Mata Kita Kedutan

ilustrasi

Mitos yang beredar mengatakan, mata kedutan pertanda mau dapat rezeki. Meski berharap itu benar, sayangnya menurut sains itu pertanda ada masalah pada saraf. Lalu, apakah artinya Anda harus waspada untuk masalah ini?

"Mata kedutan adalah gerakan tidak teratur pada otot. Kedutan juga bisa terjadi pada otot di bagian tubuh lain. Masalah mata berkedut sebenarnya masuk ke ranah saraf, bukan penyakit mata," kata dr. Cicilia Hendarmin, Sp.M, dari RS Omni Hospitals, kepada WomanTalk, baru-baru ini.

Gerakan otot, ungkapnya, terjadi karena gerakan impuls listrik pada otak. Contohnya, otak memerintahkan tangan untuk mengambil pulpen yang jaraknya semeter, kemudian diperkirakan jaraknya agar tangan tidak malah bergerak lebih dari semeter.

Nah, mata kedutan adalah gerakan tak terkontrol yang tidak diinginkan. Dokter Cicilia mengatakan impuls listrik yang berlebihan pada otak inilah yang menyebabkan kedutan.

Sementara itu, situs kesehatan MayoClinic mengatakan, gerakan kedutan yang terjadi di sekitar kelopak mata bisa terjadi karena: minuman alkohol, sinar terang, asupan kafein berlebihan, kelelahan, iritasi di lapisan atas mata atau bagian dalam kelopak mata, kelelahan, merokok, stres, atau angin.

Meski demikian, untuk beberapa kasus tertentu, mata berkedut juga bisa menunjukkan masalah mata, seperti: mata kering, glaukoma, sensitivitas pada cahaya, blepharitis, dan sebagainya.

Kasus tertentu lain, kedutan pada mata juga bisa mengarah ke masalah pada sistem saraf dan otak. Namun, sudah hampir pasti akan selalu diikuti gejala lain. Beberapa masalah otak dan sistem saraf yang salah satu gejalanya adalah mata berkedut antara lain: Bell's palsy, dystonia serviks, dystonia, multiple sclerosis, atau Tourette syndrome.

Biasanya, kedutan pada mata akan hilang dalam beberapa hari. Untuk mengatasinya, cobalah agar mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, mengurangi stres, dan mengurangi asupan kafein.

Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter bila:

    Kedutan tidak hilang dalam beberapa pekan.
    Kelopak mata menutup setiap kali mata berkedut atau kesulitan membuka kelopak mata karena mata berkedut.
    Terjadi kedutan di area lain pada tubuh.
    Mata membengkak dan merah, atau ada kotoran yang tak biasa.
    Kelopak mata mulai terlihat 'turun'.

Sumber: beritagar
Powered by Blogger.