Tak Cuma Menghangatkan! Ini Loch 5 Manfaat Lain dari Minyak Kayu Putih yang Bakalan Bikin Kamu Kaget

ilustrasi

Ternyata, minyak kayu putih yang kita gunakan untuk menghangatkan dan mengurangi gatal punya memiliki manfaat lain loh. Minyak yang memiliki aroma segar dan menenangkan ini pun memiliki manfaat yang tak pernah terduga sebelumnya.

Ingin tahu manfaat lain dari minyak kayu putih ini? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Ngilangin bau pakaian

Gak Cuma Menghangatkan, Ini Manfaat Lain Minyak Kayu Putih!

Baju, celana, sepatu, yang baunya nempel dan gak ilang-ilang, bisa diatasi dengan minyak kayu putih nih. Caranya gampang banget, cukup tuangin minyak kayu putih pada saat kalian ngeringin pakaian di mesin cuci. Kalo sepatu, kalian bisa masukin kain yang udah direndam dengan minyak kayu putih ke dalam sepatu pas lagi ngejemur.

2. Ngilangin noda pada pakaian

Selain itu, minyak kayu putih juga terbukti ampuh ngilangin noda pada pakaian nih. Caranya, cukup tetesin minyak kayu putih pada noda, dan usap dengan menggunakan kain bersih. Gampang kan?

3. Menjaga kesehatan gigi

Gak cuman buat badan, tahukah kalian kalo minyak kayu putih juga bisa ngejaga kesehatan pada mulut, khususnya gigi? Yup, minyak kayu putih itu punya aroma yang menyegarkan dan juga punya anti bakteri yang berguna pada gigi. Menurut ahli gigi, minyak kayu putih gak cuman bisa membunuh bakteri pada gigi, tapi juga bisa ngilangin plak pada gigi. Minyak kayu putih juga punya antiseptik cineole yang bisa mencegah bau mulut dan gusi berdarah.

Caranya cukup tetesi minyak kayu putih pada pasta gigi atau obat kumur. Lalu sikat gigi atau kumur-kumur deh seperti biasa.

4. Pembersih kuman di rumah

Minyak kayu putih punya manfaat lain, yaitu pembersih efektif buat rumah. Misalnya, noda pada lantai yang susah dibersihin, atau bau tak sedap pada sudut-sudut rumah, atau juga noda membandel pada toilet. Caranya juga mudah, cukup tuangin minyak kayu putih ke dalam ember yang berisi air panas/hangat. Lalu gunakan deh.

5. Menguatkan kayu gitar

Kayu yang udah lama, bakalan lapuk atau rusak. Nah, dengan mengolesi minyak kayu putih pada gitar, ketahanan kayu gitar tersebut bakal lebih lama. Dan juga lebih bersih tentunya, karena minyak kayu putih juga bisa membersihkan noda pada gitar.

Sumber: suararakyatindonesia