Header Ads

Sulut Buat Kantung Penampungan Wisman Tiongkok Lebih Besar Lagi... Awas, Kalau Tinggal di NKRI Mereka Bisa Jadi Benalu Yang Membahayakan Negara

ilustrasi

Arus wisatawan mancanegara ke Manado, Sulawesi Utara semakin deras. Sedangkan destinasi yang baru tidak secepat jumlah wisman, terutama asal Tiongkok, yang terus membanjir.

“Kami menambah kapasitas destinasi dengan membuka kantung-kantung baru, seperti di Minahasa Utara yang makin getol memperbaiki destinasi,” kata Kadispar Sulut Happy Korah.

Kesan “Bunaken Lagi Bunaken Lagi” memang tidak bisa dihindari. Manado dan Sulawesi Utara yang kaya akan destinasi alam, seolah tenggelam dengan istilah tersebut.

Sepertinya, banyak wisman masuk Manado, tapi destinasinya sangat minim, sehingga jika lima hari empat malam saja, sudah kehabisan destinasi lagi. “Padahal tidak! Kami masih banyak destinasi yang memikat,” tutur Happy.

Ada Selat Lembeh di Bitung. Ada Danau Linau di Tomohon, Danau Tondano, dan banyak destinasi di Minahasa Utara (Minut). Kabupaten ini cukup strategis, berada di antara dua kota yaitu Kota Manado dan Kota Bitung.

Di Minahasa Utara, apa saja yang layak dikunjungi wisman? Pertama, Pantai Pulisan, pantai berpasir putih yang ada di Minahasa Utara, lokasinya berada di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, sekitar 35 km dari Airmadidi atau 50 km dari Kota Manado.

Selain berpasir putih, air laut yang tenang berwarna biru serta batu karang dan pemandangan laut lepas membuat Pantai Pulisan menjadi menarik untuk dikunjungi.

Kedua, Pantai Pal di Minahasa Timur, merupakan pantai yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan. Posisinya di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur. Pasirnya pantai berwarna putih dan air lautnya yang biru membuat para wisatawan tergoda untuk mengunjunginya. Pantai pal berada tidak jauh dari pantai pulisan, jaraknya hanya beberapa kilometer.

Ketiga, Air Terjun Tunan. Selain Pantai, Minahasa Utara, cukup tinggi. Lokasinya di Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan. Ketinggiannya 86 meter dengan aliran air yang cukup deras. Untuk menuju ke lokasi air terjun tunan pengunjung harus berjalan kaki dari pos penjagaan sekitar 400 meter hingga sampai air terjun.

Masih ada Pulau Lihaga dan Pulau Gangga, yang dapat menjadi tujuan wisat, pantai pasir putih, bercampur dengan pecahan karang lembut, pemandangan bawah lautnya pun tidak kalah indah dengan Bunaken.

Menpar Arief Yahya menyebut, jika awal tahun 2017, bakal ada tambahan 5 direct flights lagi dari Negeri Tembok Raksasa maka Manado memang harus bekerja keras untuk menciptakan comfortable bagi wisman. Hingga hari ini, sudah lebih dari 40 ribu wisman asal Tiongkok sejak 4 Juli 2016 lalu.

“Mereka diterbangkan dari enam kota di Tiongkok, Macau, Shenzen, Chongqing, Wuhan, Shanghai dan Changsa,” ujar Arief Yahya, Menpar RI yang Mantan Dirut PT Telkom itu.

Yang pasti, menyambut hadirnya wisman Tiongkok di Sulut, Pemprov sudah menyiapkan calendar of events yang sangat lengkap selama bulan Desember 2016. Ada sekitar 26 events yang tiap hari menyapa wisman maupun wisnus yang hadir di provinsi yang dikenal dengan Nyiur Melambai itu. (adv/jpnn)

Berikut ini Jadwal Kalender Event Christmas Festival Manado Tahun 2016:

-Soft Opening dan Ibadah Christmas Festival, 1 Desember 2016 (Marina Plaza)
-Santa Claus Anak, 4 Desember 2016 (Mantos)
-Opening Christmas Festival, 4 Desember 2016 (Megamas)
-Konser Musik, 4 Desember 2016 (Megamas)
-Christmas Chess, 7-8 Desember 2016 (Mantos)
-Choir Competition, 9-10 Desember 2016 (Mantos)
-Golden Memories Battle, 9-10 Desember 2016 (Marina Plaza)
-Fashion On The Street, 10 Desember 2016 (Mega Mas)
-Lomba Musik Kolintang, 14 Desember 2016 (Cafe Pirates)
-Lomba Musik Bambu, 15 Desember 2016 (Cafe Pirates)
-Christmas Band Competition, 16-17 Desember 2016 (Marina Plaza)
-Parade Kendaraan Hias, 17 Desember 2016, (Kota Manado)
-Christmas Vocal Group Competition, 18 Desember 2016 (Marina Plaza)
-Festival Maengket dan Kabasaran 19-20 Desember 2016 (Marina Plaza)
-Christmas Masamper Competiton, 22 Desember 2016 (Marina Plaza)
-Pohon Natal Terbesar, 28 Desember 2016 (Megamas)
-Kue Natal terbesar, 28 Desember 2016 (Megamas)
-Pawai Santa dan Malaikat Natal, 28 Desember 2016 (Mantos)
-Ibadah Natal Nasional, 28 Desember 2016 (Lapangan Maesa Tondano)
-Christmas Theatre 28,29,30 Desember (Cafe Pirates)
-Christmas Horse Sport dan Roda Sapi, 29-30 Desember 2016 (Paniki)
-Malam Old and New, 31 Desember 2016 (Marina Plaza)

Sumber: jpnn
Powered by Blogger.