Header Ads

Suka Minum Kopi, tapi Tak Mau Gigi Jadi Menguning? Lakukan Ini Aja!

ilustrasi

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari di seluruh dunia. Selain memberikan rasa yang nikmat, konsumsi kopi di pagi hari diyakini akan membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal. Bagi beberapa orang, meminum kopi bahkan bisa menjadi cara untuk mencari inspirasi atau ide. Sayangnya, dibalik berbagai manfaatnya, konsumsi kopi secara rutin ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi kita. Banyak peminum kopi yang akhirnya harus merelakan giginya menguning. Kondisi ini terjadi karena pigmen kopi yang berwarna hitam bisa menempel pada permukaan gigi sehingga warna gigi pun semakin gelap. Selain itu, kandungan asam yang tinggi dari minuman ini memang bisa membuat penampilan dan warna gigi ikut berubah.

Karena alasan inilah, banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang tidak berlebihan. Namun, bagi mereka yang sudah sangat membutuhkan kopi agar bisa melakukan berbagai macam pekerjaan dengan baik, apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan agar giginya bisa tetap cemerlang dan tidak menguning?

Jawaban dari pertanyaan tersebut ternyata ada. Menurut pakar kesehatan, kita tinggal menyiapkan segelas air putih di sebelah cangkir kopi kita. Setelah kita menghabiskan satu cangkir kopi yang nikmat ini, kita bisa segera meminum air putih dan kemudian menyikat gigi kita setengah jam setelahnya. Hal ini diyakini akan secara efektif menghilangkan pigmen kopi yang tertinggal pada permukaan gigi. Pastikan bahwa kita menyikat sela-sela gigi hingga bersih agar berbagai plak yang ada juga bisa semakin terkikis.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencegah gigi menguning karena kopi adalah menggunakan sedotan. Memang, akan sangat aneh dan tidak nikmat andai kita mengkonsumsi kopi hangat dengan memakai sedotan. Namun, cara ini diyakini akan sangat efektif mencegah permukaan gigi tidak terpapar langsung pigmen kopi yang bisa menempel dan mengubah warna gigi.

Sumber: doktersehat
Powered by Blogger.