ilustrasi

TEKANAN darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang saat ini paling umum ditemui.

Hipertensi yakni suatu kondisi medis kronis yang terjadi ketika arteri mendapatkan tekanan di atas dari normal.

Biasanya tekanan darah ini diukur dengan alat ukur tensi yang menunjukkan hasil nilai tekanan sistolik dan diastolik.

Seseorang bisa dikatakan mengalami tekanan darah tinggi jika tekanan yang terbaca pada tensimeter menunjukkan nilai angka di atas 140/90 mmHg secara terus-menerus.

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang satu ini, mulai dari stres, faktor genetik, asupan garam berlebih, obesitas, gaya hidup, kurangnya aktivitas fisik, penyakit ginjal dan lain-lain.

Namun jangan sedih, ada beberapa makanan yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir laman India Times, Sabtu (10/12).

1. Lemon.

Lemon membantu menurunkan tekanan hipertensi karena dikenal membuat pembuluh darah menjadi lembut dan fleksibel, serta membantu menurunkan tekanan darah.
Jus lemon dikenal menurunkan tingkat trigliserida, dengan demikian bermanfaat bagi individu yang menderita hipertensi. Jus lemon juga menurunkan kolesterol.

2. Watermelon seeds.

Watermelon seeds mengandung senyawa yang disebut cucurbocitrin yang membantu memperluas kapiler darah.

Pada saat yang sama, juga membantu meningkatkan fungsi ginjal. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi tingkat tekanan darah dan membantu mereka dengan arthritis juga.

3. Bawang putih.

Bawang putih cukup ajaib, baik mentah atau dimasak. Mereka mampu mengurangi kadar kolesterol. Bawang putih membantu menenangkan pembuluh darah dengan merangsang produksi oksida nitrat dan hidrogen sulfida.

4. Pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi. Pisang merupakan sumber kaya kalium yang mengurangi efek natrium.

5. Seledri.

Tingkat tinggi dari fitokimia 3-N-butylphthalide yang hadir dalam seledri membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Phthalates membantu mengendurkan otot-otot di dalam dan di sekitar dinding arteri, sehingga menciptakan lebih banyak ruang dan memungkinkan darah mengalir tanpa kesulitan.

Pada waktu bersamaan juga bisa membantu mengurangi hormon stres yang menyempitkan pembuluh darah yang memberikan kontribusi pada tekanan darah tinggi.

Sumber: jpnn
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: