Indonesia diwakili Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dan Republik Rakyat China diwakili Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng membahas kerja sama yang telah disepakati termasuk di bidang siber.

“Apa yang telah disepakati, apa yang telah dilakukan waktu itu tentu akan kita lanjutkan karena sudah banyak beberapa perjanjian kerja sama yang dirintis terutama dibidang Polhukam antara lain kita telah sepakat melakukan kerja sama di bidang ‘cyber’ (siber),” kata Wiranto usai pertemuan dengan Dubes Tiongkok untuk Indonesia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Jakarta, Kamis (15/12).

Kunjungan dari Dubes China untuk Indonesia tersebut, juga membicarakan hal-hal yang sudah Indonesia dan China kembangkan dalam rangka kerja sama bilateral baik dalam kapasitas tingkat presiden dan kepala pemerintahan maupun pada tingkat Menko Polhukam.


Wiranto mengatakan Indonesia menjalin kerja sama dengan China di bidang siber karena China mempunyai teknologi yang cukup maju terkait siber. Sementara Indonesia sedang menyusun satu organisasi baru yang memayungi berbagai kegiatan siber Indonesia.

“Yang tadi disampaikan bahwa untuk ‘e-commerce’ (perdagangan dalam jaringan), untuk melakukan proteksi terhadap ‘e-commerce’ mereka sudah punya satu pengalaman yang cukup bagus, oleh karena itu tidak ada salahnya kemudian kita lebih intens untuk melakukan kerja sama cyber ini,” ujarnya.
Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng mengatakan Indonesia dan Tiongkok merupakan dua negara sahabat yang memiliki hubungan dekat sehingga kedua negara mendorong lebih kerja sama bilateral.

“Kami adalah teman baik. Dan saya pikir kami akan terus menjadi mitra yang baik di berbagai bidang. China dan Indonesia menghadapi tantangan yang sama di bidang siber, serangan siber, tindak pidana lintas batas negara, terorisme dan sebagainya,” tuturnya.

Sebagai dua negara besar yang berkembang, Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng mengatakan kedua negara dapat saling bertukar pengalaman menjalin kerja sama serta mengeksplorasi berbagai bentuk kerja sama.

“Saya sangat senang bahwa pemerintah Indonesia juga sangat mendukung kerjasama bilateral kami dalam hal ini. Jadi saya pikir ada prospek yang baik bagi China dan Indonesia untuk bekerja sama dalam bidang siber,” tuturnya. [akt]
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: