Saat Balita Susah Makan, Apa yang Harus Orang Tua Lakukan?

ilustrasi

Tanya:

Selamat siang Dokter,
Bayi saya sudah 8 bulan, tapi masih tidak suka makan. Cuma mau makan puree kentang wortel. Tiap diganti menu, muntah. Bahkan tidak doyan buah yang manis seperti pisang dan apel. Jadi, setiap hari makan puree kentang wortel, suka saya tambahkan daging ayam atau sapi. Itupun dia jadi tidak doyan jika ditambah daging, tapi tetap makan sedikit.Bagaimana ya dok? Mohon sarannya.Terima kasih.

CR


Jawab:

Selamat siang Saudari CR,
Idealnya memang pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) diberikan secara bervariasi tujuannya agar bayi tetap memperoleh kandungan nutrisi yang beragam dari variasi MPASI tersebut.Pertama-tama memang diperkenalkan dengan bubur saring, lalu sari atau jus buah, kemudian yang lebih padat seperti sayur, buah yang dihaluskan, bila anak sudah terbiasa maka Anda dapat menambahkan daging misal hati, atau daging yang dihaluskan.

Apabila anak Anda agak susah makan makanan yang bervariasi maka Anda harus bersabar dan tetap mencoba. Bila anak tidak suka makan daging sapi atau ayam, Anda bisa mencoba hati, telur atau ikan yang dihaluskan untuk memenuhi kebutuhan protein hewaninya, apabila anak tidak mau juga, Anda bisa memperkenalkan dalam jumlah yang sedikit saja dulu, bertahap ditingkatkan jumlahnya.

Semasih anak mau makan, meskipun cuma puree kentang wortel maka Anda tidak perlu khawatir, karena anak masih dalam tahap adaptasi untuk kemampuan makannya dan pengenalan rasa, asalkan Anda bersabar untuk tetap memperkenalkan berbagai jenis variasi makanan sesuai usianya.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Ni Putu Tesi Maratni

Sumber: suara