Rencanakan Rekontruksi, China Tawarkan Bantuan USD 1 Juta Pasca Gempa Aceh

Portaldunia.com, Jakarta - Duta Besar China, Xie Feng, mewakili Palang Merah China menyerahkan bantuan dana ke Palang Merah Indonesia. Selain itu, pemerintah China juga telah menyiapkan dana bantuan sebesar USD 1 juta untuk Indonesia.

"Pada acara hari ini, mewakili Palang Merah China menyerahkan bantuan sejumlah USD 100 ribu, Dubes Xie Feng juga mengumumkan pemerintah China telah memutuskan memberikan dana bantuan humanisme darurat sejumlah USD 1 juta kepada pihak Indonesia, guna membantu rakyat di wilayah terguncang gempa menanggulangi bencana dan melakukan rekonstruksi pasca bencana," kata Wakil Ketua Umum PMI Ginanjar Kartasasmita di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2016).

"Jadi totalnya USD 1 juta seratus ribu," imbuh dia.

Rinciannya, kata Ginanjar, dana sebesar USD 100 ribu memang diperuntukkan bagi PMI. Selebihnya sebesar USD 1 juta, adalah bantuan antara pemerintah China ke pemerintah Indonesia.

"Yang USD 1 juta dikasih kapanpun pemerintah Indonesia minta. Bantuan yang diberikan oleh luar negeri ke Indonesia seperti Australia, Malaysia dan beberapa negara lainnya, semua melalui federasi Palang Merah Internasional. Hanya yang dari China yang langsung diberikan kepada Indonesia," jelas purnawirawan TNI ini.

Alasan pemerintah China memberikan bantuan berbentuk uang, kata Xie Feng adalah penyaluran yang bisa cepat dilakukan. Selain itu, bantuan berbentuk uang bisa dipergunakan untuk apa saja.

"Alasan diberikan cash karena cepat dan bisa dipakai untuk kegunaan apa saja," ungkap Xie Feng.

"Alasan selanjutnya, karena China dan Indonesia adalah dua negara bersahabat yang sudah melalui banyak sekali kesulitan dan kesenangan bersama-sama. Saat China mengalami bencana alam, Indonesia juga selalu menjadi salah satu negara yang siap siaga memberikan bantuan kepada China. China sangat prihatin dengan keadaan Indonesia dan berharap bahwa dengan bantuan yang telah diberikan melalu PMI dapat sampai ke tangan yang membutuhkan dengan cepat," urai Xie. (detik)