ilustrasi

Bandar Lampung – Mungkin ini menjadi perhatian orang tua, anak usia kurang dari tiga tahun agar tidak diberikan gadget sebagai permainannya.

Psikolog Anak, Anastasia Satriyo M.Psi., mengatakan kemampuan untuk bersosialisasi memang sangat penting dalam masa perkembangan anak, agar mereka dapat mengenali emosi, mengolah emosi, mampu bergaul dan bisa berempati dengan teman-teman di lingkungannya. Selain itu hal ini untuk bersosialisasi dengan teman sebaya akan memberikan banyak manfaat bagi si kecil, seperti perkembangan berpikir, perkembangan fisik dan perkembangan sosial-emosional.

“Orangtua harus tahu bahwa anak kecil usia 1 sampai 3 tahun jangan diberikan mainan gadget, setelah 3 tahun itu maksimal 1 jam main gadget dan nonton tv dalam sehari,” ujar Anastasia Satriyo pada event Mobi Dunia Sahabat SGM Eksplor yang diselenggarakan di salah satu minimarket yang ada di Kemiling dalam rilis yang diterima Saibumi.com, Selasa, 13 Desember 2016.

Menurutnya, masa tumbuh kembang anak, terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial.

“Keterampilan sosial menjadi sangat penting bagi anak-anak Indonesia karena dengan memiliki keterampilan sosial, anak mampu bekerjasama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat,” paparnya.

Anastasia Satriyo M.Psi., menambahkan orangtua perlu menstimulasi si kecil agar bisa lebih pandai bergaul caranya dengan mendorong si kecil bermain bersama teman-temannya, serta mengajarkan jenis-jenis emosi melalui permainan karakter. Dengan kegiatan tersebut bunda sedang menjelaskan arti teman dan bagaimana membangun relasi serta sosialisasi dengan cara yang menyenangkan bagi si kecil.

Kampanye SGM Eksplor "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya" berlangsung dari September 2016 hingga awal tahun 2017 melalui rangkaian aktivitas menarik untuk Bunda dan si Kecil, di antaranya aktivasi di pusat perbelanjaan di lima kota yaitu Surabaya, Yogyakarta, Medan, Jakarta dan Makassar.

Sumber: saibumi
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: