Header Ads

PENTING! Inilah Larangan yang Sebaiknya Tidak Dilakukan oleh Ibu Hamil

ilustrasi

Untuk memastikan kehamilan bisa tetap dalam kondisi yang sehat dan perkembangan janin bisa tetap maksimal, ibu hamil tentu harus pandai-pandai mengatur pola makan yang sehat sekaligus menghindari beberapa hal yang tidak sehat layaknya asap rokok hingga minuman beralkohol. Selain itu, ada pula beberapa larangan lain yang sering terlewatkan oleh ibu hamil. Apa sajakah larangan-larangan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil?

Meminum kafein berlebihan
Karena kebiasaan yang dilakukan semenjak sebelum hamil, banyak ibu yang dengan santai tetap mengkonsumsi kopi atau minuman dengan kandungan kafein lainnya selama kehamilan. Padahal, andai kita mengkonsumsi minuman berkafein ini secara berlebihan, maka kita akan beresiko mengalami peningkatan tekanan darah, denyut jantung, dan cenderung kerap buang air kecil. Kandungan kafein ternyata juga bisa menembus plasenta dan memberikan dampak buruk bagi perkembangan janin sehingga sebaiknya kita hindari.

Asal meminum obat
Kadangkala saat sakit, ibu hamil dengan enteng meminum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Padahal, banyak obat yang berbahaya bagi janin dan bisa mengganggu kesehatan dan pertumbuhannya. Sebaiknya ibu hamil selalu memeriksakan kondisinya terlebih dahulu pada dokter andai sakit sehingga bisa mendapatkan solusi terbaik bagi kesehatannya dan janinnya.

Mengkonsumsi makanan bermerkuri
Beberapa makanan layaknya daging, telur mentah, makanan laut yang mentah, hingga beberapa jenis ikan layaknya ikan mackerel, tilefish, todak, hiu, hingga ikan laut yang diasapi, ternyata sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil karena kaya akan kandungan merkuri hingga bakteri layaknya toksoplasmosis, listeria, atau bahkan salmonella yang bisa berbahaya bagi kesehatan janin.

Menggunakan sepatu hak tinggi
Pakar kesehatan sangat melarang penggunaan sepatu dengan hak lebih tinggi dari 3 inchi karena bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Duduk atau berdiri dalam waktu lama
Meskipun sangat disarankan untuk aktif, ada baiknya ibu hamil tidak berdiri atau duduk terlalu lama karena bisa memicu pembengkakan pada pergelangan kaki sekaligus masalah pada  pembuluh darahnya yang bisa mengganggu kesehatan dan perkembangan janin.

Sumber: doktersehat
Powered by Blogger.