Tahukah bahwa mempercayai hari sial dan angka sial merupakan kebiasaan orang jahiliyyah yang syirik, di mana Islam datang untuk menolak dan membatilkannya. Dalilnya pun jelas menyatakan keharaman dari kebiasaan tersebut.
.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Jika Allah menimpakan kepadamu kemudaratan maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan bila Dia menghendaki kebaikan bagimu maka tidak ada yang dapat menolak keutamaan-Nya.” (Yunus: 107).
.
Abu Hurairah r.a mengabarkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah (menganggap sial dengan sesuatu), tidak ada kesialan dengan keberadaan burung hantu dan tidak ada pula kesialan bulan Shafar.” (HR. Bukhari dan Muslim).
.
Dulunya orang jahiliyyah menganggap sial hari Rabu, menganggap sial untuk melangsungkan pernikahan di bulan Syawwal secara khusus. Hal ini seperti anggapan sial orang-orang Rafidhah terhadap angka sepuluh, dan mereka tidak suka dengan angka ini karena kebencian dan permusuhan mereka terhadap Al-’Asyrah Al-Mubasysyarina bil jannah (10 shahabat Rasulullah yang diberi kabar gembira masuk surga ketika mereka masih hidup).
.
Ibnul Qayyim rahimahullahu berkata: “Tathayyur adalah menganggap sial dengan apa yang dilihat dan apa yang didengar. Bila seseorang melakukan tathayyur ini, ia membatalkan safar yang semula hendak dilakukannya dan ia menarik diri dari perkara yang semula ia bersikukuh padanya, dengan begitu berarti ia telah mengetuk pintu kesyirikan bahkan ia telah masuk ke dalamnya. Ia berlepas diri dari tawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia membuka untuk dirinya pintu ketakutan dan bergantung kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala”.
.
Janganlah kita percaya terhadap apapun yang membuat sial karna sesungguhnya itu adalah perbuatan syirik. Alangkah baiknya kita tetap berpikir positif dan menyangka semua hal yang terjadi sudah menjadi takdir dari Allah. Semoga kita selalu berada dalam lindungannya dan terhindar dari perbuatan syirik. Aamiiinnn.
.
.
Semoga Bermanfaat | via Ummi-online.com
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: