Header Ads

Pengungsi Aceh Terus Bertambah


Hingga saat ini jumlah korban gempa Aceh terus meningkat. Untuk itu, Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik sekitar Rp 5,6 miliar yang berupa makanan, tenda, pakaian, dan lainnya.

“Kita mengirim bantuan barang-barang sesuai dengan kebutuhan sekarang. Pengungsi ini tidak semua yang terdampak, namun karena masih ada gempa susulan pengungsi makin banyak,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kemensos, Adhi Karyono ketika dihubungi HARIAN NASIONAL, Senin (12/12).

Ia mengatakan, pihaknya akan terus menyalurkan bantuan, baik dari persediaan cadangan maupun dari donatur. Pasalnya, kemungkinan masih pengungsi masih bertambah dan jangka waktu mengungsi semakin lama.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin (12/12), jumlah korban meninggal 101 orang, di mana 94 korban sudah diidentifikasi. Sedangkan 666 orang menderita luka-luka, diantaranya 134 oarng luka berat dan 532 orang luka ringan.

Sementara jumlah pengungsi 83.838 orang yang tersebar di 124 titik. Pengungsi tersebut berasal dari Kabupaten Pidie Jaya 82.122 orang di 120 titik dan 1.716 orang di empat titik di Kabupaten Bireuen.

Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, selaku Komandan Satgas Tanggap Darurat di Pidie Jaya mengatakan, data terkait kerusakan infrasturktur, rumah, ruko, fasilitas umum seperti kantor pemerintah, pendidikan, dan masjid diterima dengan sempurna.

Ia telah memerintahkan para Camat untuk terus melaporkan perkembangan di lapangan.

Sumber: harnas
Powered by Blogger.