Header Ads

MIND Diet Mampu Menyehatkan Pikiran Dan Menurunkan Resiko Alzheimer


MIND diet, dipercaya bisa menyehatkan pikiran dan menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Gabungan antara diet Mediterania dengan diet DASH, dua jenis diet yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

MIND singkatan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Dikembangkan oleh Martha Clare Morris, ahli nutrisi dari Rush University Medical Center. Tujuannya adalah menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer, dengan mengedepankan pada asupan menu yang bagus untuk otak.

Diet Mediterania memfokuskan pada makanan yang sealami mungkin, dan membatasi konsumsi makanan berlemak dan daging merah. Sedangkan DASH, kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, ditujukan untuk membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Yakni, dengan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan level sodium dan tekanan darah dalam tubuh.

Menurut Martha, seperti yang dilansir dari Live Science Selasa (13/12/2016) penelitian ini menggabungkan dua jenis diet yang sudah popular supaya mudah diikuti. Mind diet ini merekomendasikan untuk mengonsumsi 10 jenis makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari setiap harinya.

Makanan yang harus dikonsumsi itu adalah, antara lain: Sayuran berwarna hijau, beri-berian terumata blueberry, kacang-kacangan, biji-bijian, anggur, gandum utuh, ikan, ayam dan unggas, serta minyak zaitun.

Adapun jenis makanan yang harus dihindari adalah: Makanan yang digoreng ataupun fast food, daging merah, keju, butter dan mentega, roti, kue, dan permen.

9 Aturan umum dalam diet Mind, antara lain:

1. Minimal mengonsumsi gandum utuh sebanyak tiga kali setiap harinya.
2. Konsumsi salad setiap hari.
3.Konsumsi sayur yang berbeda setiap harinya.
4.Minum segelas anggur setiap hari.
5.Ngemil kacang-kacangan setiap hari.
6.Konsumsi biji-bijian setidaknya 2 hari sekali.
7.Konsumsi ayam atau ungags setidaknya dua kali dalam seminggu.
8.Konsumsi ikan setidaknya seminggu sekali.
9.Konsumsi makanan yang tidak sehat masih diperbolehkan, dengan catatan
10. Maksimal hanya satu kali seminggu, kecuali butter. Untuk butter, maksimal 1 sendok teh setiap hari masih boleh dalam program diet ini.

Sumber: citizendaily
Powered by Blogger.