Militer Turki : Rute Manbij – Al-Bab sudah berhasil dikuasai


Pasukan oposisi Suriah (FSA) yang didukung Turki telah menguasai jalan antara Manbij dan al-Bab

Sebanyak 10 basis Daesh berhasil dihancurkan sebagai bagian dari Operasi Euprates Shield.
Tentara Pembebas Suriah (FSA) bersama-sama dengan tentara Turki, berhasil menguasai sebagian besar jalan raya penghubung Manbij – al-Bab.

Pasukan FSA telah bergerak semakin dekat ke al-Bab dengan dukungan dari Angkatan Bersenjata Turki, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, menyatakan pada hari Jumat.

“Kami telah mengirim tim ahli kami dan pasukan AS menuju Manbij. Kami akan melanjtkan operasi sampai kami yakin bahwa YPG telah ditarik mundur ke timur Sungai Eufrat,” katanya. Strategi ini dinilai sebagai langkah jitu, dengan mengikutsertakan AS dalam operasi, karena selama ini YPG selalu menyatakan bahwa AS memberikan dukungan penuh untuk kelompok mereka.

Beberapa sumber di lapangan melaporkan bahwa pejuang FSA telah memasuki kota dan membebaskan beberapa daerah dari kelompok teroris, termasuk sebagian besar pegunungan Aqil, sebelah barat al-Bab.



Turki melancarkan operasi pada bulan Agustus, mengirim tank-tank, pesawat terbang dan tentara untuk mendukung oposisi Suriah moderat.
Setelah mendorong Daesh teroris menjauh dari perbatasan Suriah – Turki, FSA yang didukung militer Turki telah bergerak ke arah al-Bab, benteng terakhir dari organisasi teror Daesh di pedesaan utara Aleppo.

Total 34 basis Daesh dihancurkan di Suriah

Total 34 basisi Daesh berhasil dihancurkan dalam operasi Euphrates Shield yang sedang berlangsung dan telah memasuki hari ke 108.
Militer Turki mengatakan bahwa 21 tempat penampungan, dua kendaraan lapis baja, 5 amunisi dan 6 titik kontrol dari organisasi teroris Daesh hancur.

Ankara telah bergerak semakin jauh ke selatan, mendukung pasukan FSA sebagai bagian dari Operasi Euphrates Shield yang diluncurkan pada 24 Agustus, untuk membersihkan al-Bab dari kelompok teroris dan membentuk zona bebas teror seluas 5.000 meter persegi yang terdiri dari kota al-Bab, al -Rai, Azaz, Jarablus dan Manbij.

Koridor bebas teror akan menjamin keamanan bagi perbatasan selatan Turki dengan Suriah, serta  memberikan tempat berlindung yang aman bagi penduduk setempat di wilayah tersebut, yang akan menghentikan masuknya massa pengungsi yang datang ke Turki.

Yeni Şafak & Daily Sabah