Olahraga membutuhkan energi. Untuk bisa memaksimalkan hasil olahraga, penting sekali untuk mengimbanginya dengan pola makan yang benar. Kita perlu memperhatikan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk bisa memaksimalkan hasil dari olahraga yang kita lakukan.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dari olahraga adalah mengonsumsi pisang sebelum olahraga. Kenapa pisang? Yuk, kita ikuti penjelasan lebih lengkapnya di sini.

    Pisang Mengandung Karbohidrat

    Karbohidrat adalah salah satu bahan penting yang dibutuhkan tubuh untuk bisa bertahan. Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, energi utama tubuh adalah glikogen yang merupakan salah satu jenis karbohidrat. Secara umum, karbohidrat memberikan energi jangka panjang yang berfungsi untuk kegiatan yang membutuhkan ketahanan tubuh. Dan cara untuk mendapat cukup karbohidrat ini adalah dengan mengonsumsi pisang yang mengandung 30 gram karbohidrat.

    Mencukupi Kebutuhan Tubuh Akan Kalium

    Kalium merupakan elektrolit yang memiliki peranan penting untuk membantu fungsi otot berjalan dengan baik. Saat tubuh kekurangan kalium, maka otot-otot tubuh akan gampang terasa nyeri dan kram. Saat olahraga, tubuh kita berkeringat dan kehilangan banyak kalium. Mengonsumsi pisang yang mengandung 500 gram kalium bisa membantu menggantikan kalium yang hilang saat kita berkeringat.

    Pisang Mengandung Mangan yang Diperlukan Tubuh

    Mangan ini sangat penting khususnya saat tubuh berolahraga karena bisa membantu tubuh mengubah makanan yang dikonsumsi jadi energi yang bisa digunakan oleh tubuh. Mengonsumsi pisang sebelum olahraga bisa membantu tubuh mampu melakukan kegiatan fisik dengan baik karena tercukupinya kebutuhan akan mangan.

Lalu sekarang pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi pisang menjelang olahraga? Waktu terbaik adalah satu jam sebelum olahraga. Kalau mengonsumsinya terlalu mepet dengan jadwal olahraga, darah akan disalurkan ke sistem pencernaan dan bukannya ke otot-otot tubuh. Kalau mengonsumsinya lebih dari 1 jam sebelum olahraga, nantinya manfaat dari pisang yang dikonsumsi tak akan terasa.

Nah, apakah sekarang kamu sudah siap untuk berolahraga, Ladies? Semoga info di atas bisa bermanfaat untukmu.

Sumber: vemale
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: