Masih Suka ObatiJerawat dengan Pasta Gigi? Simak Nich Efek Buruknya...

ilustrasi

Jakarta, Dianggap praktis dan lebih mudah didapat, pasta gigi sering dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Hati-hati, kebiasaan ini justru bisa bikin jerawat makin iritasi dan kering.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK, kepada detikHealth baru-baru ini.

Menurutnya, pasta gigi tidak bisa dianjurkan untuk dipakai mengobati jerawat meskipun disebut-sebut memiliki sifat 'mendinginkan'. Seringkali jerawat justru bisa menjadi iritasi dan bahkan infeksi setelah dipakaikan pasta gigi.

"Lebih seringnya terjadi pada jerawat yang sudah terbuka, justru bisa infeksi," tutur dr Eddy.

Dibandingkan menggunakan pasta gigi, dr Eddy lebih menganjurkan Anda untuk menggunakan produk yang memang khusus diformulasikan untuk mengobati jerawat. Produk-produk antijerawat untuk sekadar pertolongan pertama bagi kulit yang berjerawat sudah mudah dijumpai. "Sehingga lebih disarankan menggunakan obat yang benar," pesan dr Eddy.

Dilansir kidshealth.org, para ahli juga menyebutkan bahwa pasta gigi tidak bisa membantu menghilangkan jerawat. Ada berbagai jenis pasta gigi yang dijual di pasaran dan banyak pula yang mengandung bahan-bahan yang dapat merusak kulit.

Sumber: detikhealth