PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat setidaknya sudah ada lebih dari 2,8 juta pergerakan penumpang melalui Lombok International Airport hingga November 2016.

General Manager PT Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA) I Gusti Ngurah Ardita mengatakan diperkirakan akan ada lebih dari 3.000.000 pergerakan penumpang hingga akhir tahun ini, mengingat ada libur panjang akhir pekan, libur Natal, dan tahun baru.

“Pergerakan penumpang sudah mencapai 2.800.000 per November ini jadi prediksi kami, sampai akhir tahun bisa lebih dari 3 juta pergerakan penumpang,” ujar Ngurah kepada media di LIA, Praya, Lombok Tengah, baru-baru ini.

Ngurah menambahkan, berdasarkan tren pergerakan penumpang, momen akhir tahun memang memiliki kecenderungan peningkatan pergerakan penumpang. Biasanya, banyak masyarakat yang ingin menghabiskan liburan akhir tahunnya di daerah-daerah destinasi wisata. Lombok, merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan tersebut.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh LIA, pada Oktober 2016 tercatat terjadi peningkatan sebesar 42 persen pergerakan penumpang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Sementara itu, secara tahunan terjadi peningkatan rata-rata sebesar 33,33 persen pergerakan penumpang yang datang dan pergi melalui LIA.

Hingga dua minggu menjelang pergantian tahun, Ngurah mengatakan belum ada antisipasi lonjakan penumpang oleh maskapai dengan meminta tambahan slot. Kendati demikian, Ngurah menyatakan tetap melakukan koordinasi dengan maskapai terkait dengan perencanaan jumlah penumpang yang ditargetkan oleh maskapai.

“Tentunya akan kami komunikasikan dan koordinasikan dengan teman-teman airlines supaya menjadi bahan untuk antisipasi .Berapa perencanaan dari airlines itu mesti dikomunikasikan,” ujar Ngurah.

Sumber: beritatrans
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: