Header Ads

Mana yang Baik, Keramas Setiap Hari atau Jarang-Jarang?

ilustrasi

Untuk mendapatkan rambut yang bersih dan sehat, kita tentu harus rajin melakukan perawatan pada rambut. Salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut adalah dengan berkeramas. Dengan berkeramas, kita akan secara efektif membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Kita juga akan lebih baik dalam membersihkan berbagai debu, minyak alami, keringat, atau bahkan jamur yang bisa saja berada di kulit kepala. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya, seberapa seringkah frekuensi keramas yang sebaiknya kita lakukan?

Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita malas berkeramas hingga berhari-hari, maka kita akan membiarkan berbagai kotoran semakin menumpuk di kulit kepala dan membuatnya dipenuhi berbagai jamur yang tentu bisa memicu peradangan, masalah kulit kemerahan, gatal-gatal, atau bahkan munculnya borok. Joshua Zeichner, dermatolog yang berasal dari Mount Sinai Medical Center di New York, Amerika Serikat, menyebutkan jika andai kita berkeramas dengan rutin pun, jamur yang berjenis malassezia ini sebenarnya juga bisa muncul pada kulit kepala sehingga akan memicu rasa gatal. Namun, jamur ini akan tumbuh dengan jumlah yang sangat berlebihan sehingga memicu berbagai masalah pada kulit kepala andai kita malas mencuci rambut dengan rutin.

Lantas, apakah kita sebaiknya rutin membersihkan rambut setidaknya sehari sekali demi mencegah tumbuhnya jamur ini secara berlebihan? Zeichner ternyata sangat tidak menyarankan hal ini dan lebih merekomendasikan keramas dengan frekuensi sekali dalam dua hari. Beliau menyebutkan jika andai kita berkeramas lebih sering dari rekomendasi tersebut, dikhawatirkan bahan kimia shampoo justru akan menghilangkan kelembaban alami pada rambut.

Hanya saja, andai kita termasuk dalam orang-orang yang sangat aktif layaknya yang berkegiatan di luar ruangan dan cenderung kerap terkena kotoran atau debu, barulah kita sangat direkomendasikan untuk berkeramas setiap hari. Dengan melakukannya, rambut dan kulit kepala pun akan terbebas dari berbagai debu, kotoran, dan juga keringat yang berlebihan.

Sumber: doktersehat
Powered by Blogger.