Header Ads

Kepri Bakal Diserbu Wisman Cina

Portaldunia.com, TANJUNGPINANG -- Kepri bakal diserbu wisatawan asal Cina. Sebab, kini sudah ada akses penerbangan dari Negeri Tirai Bambu itu ke Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF), mulai Tanjungpinang Desember 2016.

"Terbukanya akses internasional ini nanti, akan memberikan kemudahan masuknya wisman ke Kepri," ujar Ketua Apindo, Cahaya.

Masuknya wisman Cina via Great Kepri itu, menjadi generator kedua. Sebelumnya, sudah ada penerbangan langsung dari Cina ke Indonesia via hub tourism di Manado. Alhasil, Manado sudah mulai dibanjiri wisman dari 6 secondary city di Cina. Kadispar Kepri Guntur Sakti mengatakan masih ada waktu bagi industri untuk menyusun persiapan menghadapi banjir wisman Cina.

Apa saja yang harus dipersiapkan? Guntur menyebut rumus 3A-nya Menpar Arief Yahya, yakni Atraksi, Akses, dan Amenitas. Turis Cina itu suka pantai, kuliner dan belanja. Tiga hal itulah yang sedang dipersiapkan agar turis menemukan "Wonderful Indonesia" dan menjadi viral perbincangan di Cina.

"Soal bahari, jangan khawatir, Kepri ini banyak site yang keren! Soal kuliner apalagi? Seafood Kepri pas dengan seleranya masakan Oriental. Jadi soal atraksi, kami akan siapkan bersama industri," ungkapnya.

Ketua Apindo, Cahaya menambahkan, bandara yang akan digunakan untuk masuknya wisman-wisman asal Cina itu nanti adalah Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Internasional RHF, Tanjungpinang. Wanda Group, perusahaan property yang juga memiliki tour and travel besar di Cina sudah komitmen untuk mendatangkan 500 wisman setiap harinya.

Cahaya kembali menambahkan, untuk melaksanakan kerjasama ini, perlu dukungan pemerintah daerah. Daerah-daerah yang menjadi destinasi andalan adalah Batam, Bintan, dan Karimun. Karena selama ini, mereka masuknya melalui Singapura. "Ini adalah kesempatan untuk menarik wisman datang ke Kepri," katanya.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan saat ini adalah momen yang tepat untuk membangkitkan wisata Kepri. "Banyak potensi wisata di Kepri yang belum diketahui. Tentu ini menjadi kesempatan bagi kita untuk mebangkitkan pariwisata kepri," ujar Nurdin.

Sumber: Republika
Powered by Blogger.