Kenapa Saat Hamil Sering Merasa Gatal, Ini Alasannya...


Keinginan untuk menggaruk sekujur tubuh saat hamil, tak ada habisnya. Rasa gatal terus saja muncul di area paha, perut dan payudara. Gatal-gatal semasa hamil ini memang jadi keluhan yang sering dilontarkan para calon ibu.

Ada juga yang muncul kemerahan di telapak tangan dan kaki, disertai gatal dan perih. Pemicu utama rasa gatal ini adalah peningkatan hormon estrogen. Kondisi kulit kering juga bisa menyebabkan gatal.

" Kulit saat hamil mengalami peregangan seiring peningkatan berat badan, terutama di area perut payudara. Ibu hamil disarankan untuk menggunakan minyak zaitun atau krim anti-strech mark, setiap malam. Bukan hanya mencegah gatal tapi juga mencegah munculnya strech mark," kata Anya Hassel, seorang dokter kulit asal Melbourne.

Untuk wanita yang mempunyai masalah eksim atau dermatitis atopik, bisa jadi hormon kehamilan akan memperparah. Jika kulit yang gatal menjadi berair, perih hingga tak tertahankan sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit.

Demi mengurangi rasa gatal ada langkah sederhana yang sebaiknya Anda lakukan. Gunakan pakaian longgar dengan bahan katun lembut yang menyerap keringat. Hindari pakaian dengan banyak detail atau bertumpuk. Saat hamil, selalu utamakan kenyamanan dalam memilih pakaian.

Lalu saat mandi, gunakan sabun yang berbahan lembut dan tak membuat kulit kering. Bilas dengan air hangat dan tidak terlalu panas. Gunakan juga pelembap saat udara sangat kering. Perbanyak minum air putih, agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Sumber: dream