Kapan Ahok Diberhentikan?

Portaldunia.com - Status Ahok sudah resmi menjadi terdakwa setelah sidang kasus penistaan agama dimulai, kemarin. Pertanyaanya, kapan Kemendagri akan memberhentikan Ahok dari jabatan gubernur Jakarta?

Menjawab pertanyaan ini, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono memastikan pihaknya belum memberhentikan pria bernama lengkap Basuki Tjahja Purnama itu. "Belum (diberhentikan sementara)," ujar Sumarsono kepada Rakyat Merdeka, semalam.

Alasannya, kata Sumarsono, karena pihaknya belum mendapatkan surat resmi dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menyatakan Ahok sebagai terdakwa. Menurutnya, secara administrasi surat itu diperlukan sebagai landasan hukum penegakan UU. "Belum sampai (suratnya)," tambahnya.

Sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda), tepatnya pasal 83, setiap kepala daerah yang menjadi terdakwa dan menjalani persidangan akan diberhentikan sementara dari jabatannya.

Pada ayat 1 pasal ini disebutkan, "Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD karena didakwa melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun, tindak pidana korupsi, tindak pidana terorisme, makar, tindak pidana terhadap keamanan negara, dan/atau perbuatan lain yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Melanjutkan keterangan, kata Sumarsono, jika surat keterangan terdakwa sudah diterima Kemendagri, surat ini akan diteruskan ke Presiden Jokowi untuk dikeluarkan Peraturan Presiden (Perpres).

Setelah Perpres turun, katanya, barulah Kemendagri menerbitkan surat pemberhentian sementara Ahok sebagai Gubernur Jakarta. "Siapapun juga, ketika surat pengadilan (penetapan terdakwa) itu sampai, kita akan proses semuanya," pungkasnya.

Sumber: Rmol