Header Ads

Jangan Tertipu! Bukannya Bikin Langsing, Beberapa Makanan Diet Ini Malah Bikin Berat Badan Nambah Lho!

ilustrasi

TAK semua makanan diet yang dianjurkan dikonsumsi baik untuk kesehatan. Jika tidak hati-hati, makanan diet tersebut justru malah bisa menaikkan berat badan.

Berikut beberapa makanan diet yang justru bisa menaikkan berat badan, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Rabu (14/15).

1. Agave.

Menurut Dr. Oz, agave adalah pemanis seperti sirop yang dianggap sebagai pengganti gula yang sempurna bagi para pelaku diet karena kandungan indeks glikemik rendah.

Memang benar, agave tidak memiliki jumlah yang sama dari glukosa gula putih, tapi mereka juga mengandung fruktosa lebih banyak daripada pemanis lainnya yang bisa menghambat kemampuan alami tubuh untuk memproduksi banyak insulin.

Para ahli juga percaya bahwa mereka yang mengonsumsi banyak fruktosa beresiko mengalami kenaikan berat badan di daerah perut.

Jika Anda sedang mencari pemanis sehat, tidak ada salahnya jika Anda memilih madu sebagai pengganti.

2. Granola.

Livestrong menjelaskan bahwa granola biasanya terbuat dari gandum yang kemudian dilapisi dengan air, minyak dan pemanis seperti madu dan gula merah.

Kemudian ditambahkan buah kering yang biasanya memiliki banyak gula dan kacang-kacangan.

Granola biasanya mengandung sekitar 11 gram serat per cangkir yang juga mengandung 500 kalori.

3. Soda diet.

Anda tahu tidak harus secara teratur minum soda manis ketika Anda mencoba menurunkan berat badan, tapi soda diet juga mungkin menjadi penyebab pinggang semakin lebar.

Menurut TIME, para ilmuwan masih sedikit bingung mengapa diet soda tampaknya menyebabkan kenaikan berat badan meskipun mereka tidak memiliki kalori dan gula, tapi ini bisa jadi karena pemanis buatan dalam soda ini memicu otak untuk berpikir bahwa mereka akan menerima sesuatu yang manis dan berkalori atau dengan kata lain, otak Anda mendambakan sesuatu yang manis.

4. Kue beras.

Kue beras adalah karbohidrat sederhana yang akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat dan menawarkan ledakan energi yang cepat.

Jangan heran jika merasa lapar setengah jam setelah Anda mengonsumsinya, karena mereka tidak menawarkan gizi yang cukup.

Karbohidrat sederhana ideal untuk Anda konsumsi sebelum latihan atau olahraga karena memberikan Anda bahan bakar.

Jika Anda makan banyak karbohidrat sederhana sepanjang hari tanpa membakar mereka, maka itu adalah resep untuk kenaikan berat badan.

5. Smoothies

Ketika Anda membuat smoothie, terutama dari buah-buahan seperti mangga, nanas, pisang dan apel, memang akan terasa lezat, tetapi Anda akan merasa lapar cukup cepat karena tidak mengandung protein atau lemak sehat yang akan membuat Anda kenyang.

Sumber: jpnn
Powered by Blogger.