ilustrasi

Minum air putih sangat penting bagi tubuh Anda. Karena, 70 persen tubuh Anda terdiri dari air, sehingga sangat penting untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Ketika kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, ini dapat berdampak negatif dan memicu masalah kesehatan jangka panjang. Dehidrasi jangka panjang dapat menyebabkan rematik, radang sendi, migren, radang usus, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkolosis, batu ginjal, sinusitis dan kanker rahim.

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, minum sekitar 160 ml air setelah bangun tidur dan sebelum menggosok gigi serta pada perut yang kosong. Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya. Minum air putih minimal 30 menit sebelum makan.

Ada beberapa manfaat utama dari minum air putih saat perut kosong, yaitu:

1. Membantu tubuh membuang racun
Ketika Anda minum air, perut secara alami melakukan desakan gerakan. Pada malam hari, tubuh Anda melakukan perbaikan dan mengusir semua racun dalam tubuh. Ketika Anda minum dalam perut kosong di pagi hari, Anda akan membuang semua racun berbahaya, dan membuat tubuh Anda segar dan sehat. Minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel otot dan sel-sel darah baru.

2. Meningkatkan metabolisme
Minum air saat perut kosong dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme meningkat, berarti sistem pencernaan juga ditingkatkan. Minum air setelah bangun dapat memurnikan usus besar yang bisa membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi.

3. Menurunkan berat badan dengan sehat
Ketika minum air dalam keadaan perut kosong di pagi hari, Anda akan membuang semua racun dan ini dapat meningkatkan sistem pencernaan Anda. Ini membuat Anda merasa kurang lapar dan rasa ngidam makanan juga berkurang.

4. Meredakan mulas dan gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di perut. Anda menderita mulas ketika asam dialirkan balik ke tenggorokan. Ketika minum air saat perut kosong, asam ini didorong ke bawah dan diencerkan.

5. Meningkatkan kesehatan kulit
Dehidrasi dapat menyebabkan keriput dan pori-pori besar. Sebuah studi menemukan bahwa minum 500 ml air pada waktu perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar.

6. Menjadikan rambut lembut, sehat dan bersinar
Dehidrasi memiliki dampak serius pada pertumbuhan rambut Anda. Minum banyak air dapat memelihara rambut Anda dari dalam hingga luar. Kurangnya asupan air dapat membuat rambut rapuh dan tipis.

7. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih
Minum air setelah bangun tidur penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa air minum pada perut kosong dapat mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang Anda minum, semakin besar Anda terhindar dari berbagai macam infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun.

8. Memperkuat sistem kekebalan
Minum air saat perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang dapat meningkatkan kadar imun. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Sumber: harianaceh
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: