ilustrasi

Anak-anak sering kali memasukkan benda ke dalam telinganya, seperti biji-bijian, manik-manik plastik atau mainan kecil. Kadang-kadang seeokor serangga atau benda di udara secara tidak sengaja juga bisa masuk ke dalam telinga. Ini solusi jika ada benda terperangkap di dalam telinga.

1. Jangan mencoba mengeluarkan benda dengan mengoreknya dengan cotton bud, korek api atau benda lainnya. Ini berisiko mendorong benda masuk lebih dalam dan bisa merusak struktur telinga bagian tengah yang rapuh.

2. Jika benda tampak dengan jelas, lentur dan mudah dicapai dengan alat penjepit, keluarkan dengan perlahan-lahan.

3. Jika benda yang masuk bukan serangga, cobalah memanfaatkan daya tarik bumi: miringkan kepala di bagian telinga yang terkena ke arah lantai. Cobalah menggoyang-goyangkan kepala orang itu perlahan ke arah bawah untuk mengeluarkan benda tersebut.

4. Jika benda itu berupa serangga, miringkan kepala sedemikian rupa hingga telinga yang kemasukan serangga menghadap ke atas. Anda dapat mencoba mengeluarkan serangga dengan menuangkan sedikit minyak mineral, minyak zaitun atau baby oil yang hangat ke dalam telinga. Sambil menuangkan minyak, Anda dapat meluruskan saluran telinga: Tarik telinga perlahan-lahan ke belakang dan ke atas. Serangga akan mati lemas dan akan mengapung keluar dalam minyak.

5. Jangan menggunakan minyak untuk mengeluarkan benda lain selain serangga. Jangan menerapkan metode ini jika ada indikasi gendang telinga berlubang, yaitu seperti ada rasa nyeri, perdarahan, atau keluarnya cairan dari telinga.

6. Jika metode ini gagal dan orang yang bersangkutan masih merasa telinganya sakit, pendengaran berkurang, atau merasa masih ada sesuatu tersangkut di dalam telinga, segera pergi ke dokter.

Sumber: tribunjabar
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: