Header Ads

Jalanan Turki dipenuhi konvoi bantuan untuk Suriah


Kampanye bantuan Turki untuk mendukung warga sipil di kota Aleppo berkumpul dengan sangat cepat pada Jumat, dengan ratusan lebih kendaraan mengangkut bantuan kemanusiaan ke perbatasan Suriah.

Kampanye “Open Road to Aleppo” diikuti sekitar 100 kendaraan yang diselenggarakan oleh Humanitarian Relief Foundation (IHH) Turki bergabung dengan konvoi di Kayseri pusat provinsi Anatolia.

Berangkat pada Jumat, konvoi akan pergi ke provinsi Hatay perbatasan Turki, dekat dengan kota Suriah yang hancur, Aleppo.

Kelompok pertama kendaraan mulai perjalanannya Rabu, membawa bantuan kemanusiaan ke Turki Cilvegozu Border Gate di Hatay.

Musa Yilmaz, anggota dewan IHH Kayseri, mengatakan ia ingin menunjukkan dukungannya bagi rakyat Aleppo dan bertindak untuk melawan “penyiksaan dan penganiayaan” terhadap warga sipil di sana.

“Muslim tertindas, dianiaya, dan disiksa di keempat penjuru dunia, termasuk negara-negara seperti Suriah, Irak, dan Afghanistan.”

“Kami akan menggelar reli [di Hatay] untuk mendukung Suriah [dan] Aleppo dan menunjukkan bahwa kita berdiri dengan mereka,” tambahnya.

Dari provinsi tengah Turki, Konya, sekitar 150 kendaraan ditambah 60 truk menuju ke Hatay, ungkap Hasan Huseyin Uysal dari IHH.

“Kampanye bantuan kami masih berlangsung. Kami akan mencoba untuk mengirim bantuan sampai penganiayaan berhenti, “kata Uysal.

Kampanye bantuan lainnya juga diselenggarakan oleh Yayasan Keagamaan Turki (TDV) dan Direktorat Urusan Agama yang mengirim 38 truk ke Suriah.

Berbicara kepada wartawan di Cilvegozu Border Gate, kepala TDV Mustafa Tutkun mengatakan:

“Kami telah menyelesaikan persiapan kami untuk memenuhi kebutuhan warga sipil yang dievakuasi dari Aleppo. Kami mengharapkan lebih banyak evakuasi.”

“Kami juga akan berbicara tentang bagaimana kita dapat berkoordinasi dengan pihak berwenang lain di daerah ini dan bagaimana kita dapat memberikan bantuan dengan cara yang paling efektif,” tambahnya.

Tutkun mengatakan bahwa 10 truk bantuan lainnya akan dikirim ke Suriah secepat mungkin.

Aysegul Genc, sekretaris jenderal Turki Red Crescent, juga mengumumkan gerakan publik baru untuk membantu warga Aleppo.

Sementara itu, konvoi 12 truk dari provinsi barat Turki, Afyonkarahisar juga menuju ke Hatay. Konvoi lima truk lainnya yang membawa 150 ton bahan makanan dalam perjalanan menuju Cilvegozu dari kabupaten Kucukcekmece Istanbul, yang diselenggarakan oleh departemen urusan agama setempat.

Di provinsi selatan Kilis, berbagai organisasi bantuan – termasuk manajemen Kepresidenan Bencana dan Darurat dan Bulan Sabit Merah – mengirim bantuan kemanusiaan ke Suriah melalui Oncupinar Border Gate.

Bantuan tersebut termasuk makanan, pakaian, batubara, selimut, sepatu, dan makanan bayi.

Setidaknya 7.500 warga sipil sejauh ini meninggalkan Aleppo timur menuju daerah aman di Idlib, menurut pejabat kelompok oposisi Suriah.

Sejak pertengahan November, lebih dari 775 warga sipil telah terbunuh dan 2.500 terluka dalam serangan rezim pada wilayah Aleppo yang dikuasai oposisi, menurut pejabat pertahanan sipil setempat.

Anadolu Agency
Powered by Blogger.