ilustrasi



Jangan tunggu nyeri untuk mengonsultasikan gejala yang mengarah pada jenis kanker tertentu. Pasalnya, menurut pakar nyeri Profesor Darto Satoto SpAn(K), nyeri merupakan tanda bahwa kanker sudah mencapai stadium lanjut.

Lelaki yang akrab disapa Prof Darto ini mengatakan bahwa semua jenis kanker berpotensi menimbulkan rasa nyeri, yang datang saat pertumbuhan sel kanker memasuki stadium 3 dan 4.

"Nyeri itu disebabkan karena saraf yang tertekan karena massa kanker semakin banyak. Tapi beberapa faktor lain seperti kemoterapi atau obat-obatan untuk kanker juga bisa menimbulkan rasa nyeri," ujar dia pada temu media di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Tingkat nyeri yang dialami pasien kanker menurutnya bisa bervariasi yang dipicu oleh berbagai faktor, seperti jenis kanker yang diderita, tingkat stadium dan kepekaan pasien terhadap nyeri.

Untuk mengatasi rasa nyeri, lanjut Prof Darto, ada beberapa teknik pengobatan yang bisa dijalani pasien kanker. Nyeri dengan tingkatan ringan hingga sedang misalnya dapat diatasi dengan terapi anti-inflamasi non steroid.

"Sedangkan untuk kasus nyeri berat bisa diatasi dengan obat-obatan golongan narkotik seperti kodein, morfin dan sebagainya. Semakin cepat diterapi maka kualitas hidup pasien kanker semakin meningkat," tambah dia.

sumber: suara
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: