Innalillahi!! Aceh Di Guncang Gempa 6.5 S.R, Aceh Pun Mendadak Menjadi Trending Topic Dunia


PIDIE JAYA - Aceh menjadi trending topic dunia di Twitter, Rabu (7/12), menyusul gempa yang terjadi di wilayah itu. Warganet ramai-ramai mendoakan bagi warga yang terkena musibah.

"Teman-teman semua dimanapun berada, mari doakan saudara-saudara kita korban gempa di aceh. Semoga Allah memberikan kesabaran dan kekuatan," ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan lewat kicauan di Twitter-nya.

Ia juga menambahkan dengan tagar #PrayforAceh. Anggota DPD Fahira Idris lewat status di Twitter-nya mendoakan rakyat. "Pray for Aceh," ujarnya yang dituliskan dalam bentuk tagar.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada pukul 05.00 WIB. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi mengatakan, guncangan kuat dirasakan di beberapa daerah, seperti Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). Menurutnya, daerah-daerah tersebut diperkirakan mengalami kerusakan parah.

"Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser," kata Riyadi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (7/12).

Korban Bertambah Menjadi 18 Orang

Jumlah korban tewas akbat gampa di Pidie Jaya, Aceh terus bertambah. Informasi terakhirnya menyebut jumlah korban meninggal dunia berjumlah 18 orang.

"Informasi terakhir ada 18 orang meninggal dunia, evakuasi masih terus dilakukan," kata Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi seperti diberitakan Detikcom, Rabu (7/12).

Menurutnya, untuk mengevakuasi korban yang kemungkinan tertimbun, sejumlah alat berat diturunkan. Said berharap, pemerintah daerah sekitar turut membantu evakuasi.

"Kalau masalah jumlah alat berat, tidak masalah. Tetapi kami juga meminta bantuan dari kabupaten sekitar," ujar Said.

Gempa juga mengakibatkan belasan bangunan roboh, termasuk masjid. Bukan hanya di Pidie Jaya, sejumlah bangunan di Kabupaten Bieruen juga roboh akibat gempa.

Gempa berkekuatan 6,4 skala richter dan tak berpotensi tsunami terjadi pada pagi ini. Saat gempat terjadi warga masih banyak yang tidur. Warga berhamburan keluar saat gempa.

Sumber : Atjehcyber.id