Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Hasil gambar untuk sehat jantung


KanalBerita8 - Mengontrol pola makan adalah cara utama untuk mencegah terjadinya penyakit ini. Namun, menjaga pola makan bukan satu-satunya cara menjaga kesehatan jantung.
Terdapat beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, yaitu:
1. Kontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terbesar terjadinya penyakit jantung dan stroke, baik bagi wanita maupun pria. Menurut Harvard's Women Health Watch, sebaiknya Anda mengontrol tekanan darah untuk tetap berada di bawah angka 120 per 80. Hal ini bisa didapatkan dengan mengurangi asupan garam, mengikuti diet yang sehat, dan perbanyak konsumsi makanan sumber serat.
2. Batasi alkohol
Semakin sedikit Anda mengonsumsi alkohol maka semakin kecil pula risiko penyakit jantung yang bisa Anda alami. Ganti minuman Anda dengan air putih minimal delapan gelas per hari. Anda juga bisa mengonsumsi jus buah segar tanpa tambahan gula.
3. Konsumsi aspirin
American Heart Association merekomendasikan bagi Anda yang memiliki risiko tinggi serangan jantung sebaiknya mengonsumsi aspirin dengan dosis rendah. Aspirin dapat mencegah penggumpalan darah. Hal ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Konsultasikan pada dokter untuk jumlah dosis yang disarankan.
4. Perbanyak olahraga
Olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Stroke pada tahun 2012 menemukan bahwa olahraga minimal empat kali seminggu dapat mengurangi risiko stroke. Anda bisa melakukan olahraga apapun asalkan sesuai dengan kemampuan Anda. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum memulai olahraga agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.