Header Ads

Ini 3 Hikmah Yang Dapat Kita Tadaburi dari Kebakaran Dahsyat di Israel

ilustrasi



Tentu telah mengetahui peristiwa kebakaran dahsyat yang terjadi selama berhari-hari di Israel pada akhir November 2016 ini. Ada yang meyakini kejadian ini sebagai azab Allah, ada pula yang bersuka cita mendoakan api takkan berhenti melumat negara zionis tersebut, tepatkah sikap tersebut? Sebenarnya apa yang perlu kita renungkan di balik peristiwa ini?

Setidaknya ada 3 hikmah luar biasa dari peristiwa tersebut:

1. Sikap Palestina yang justru membantu memadamkan api di Israel memperlihatkan keindahan akhlak Islam

Kita tahu persis betapa zalimnya Israel terhadap Palestina, akan tetapi Palestina tak lantas 'balas dendam' terhadap kezaliman tersebut. Palestina justru mengirim 8 awak pemadam kebakaran ke Haifa dan Yerusalem atas nama kemanusiaan.

Ini merupakan akhlak Islami yang sesuai dengan sunah Rasulullah, bukankah Rasulullah senantiasa membalas kejahatan dengan kebaikan? Dan bahwasanya keindahan akhlak itulah yang membuat banyak musuh Islam berbalik menjadi penganut Islam?

Apakah kita mampu mengambil sikap yang sama sebagaimana Rasulullah, sebagaimana yang juga dicontohkan oleh Palestina.

2. Manusia begitu lemah dan tak pantas sombong

Hanya dengan api dan angin besar, bisa meluluhlantakkan kota dalam hitungan hari saja. Lihatlah 'wajah' kota-kota di Israel saat ini yang gosong dan sungguh mengenaskan, hanya dalam hitungan jam saja bangunan-bangunan tinggi bisa hangus terbakar, lantas apa yang bisa kita sombongkan sedangkan manusia nyata begitu lemah?

Biarpun beberapa negara membantu memadamkan api, akan tetapi tidak serta-merta mematikan api yang melahap banyak kota di Israel tersebut.

3. Kesombongan dan kezaliman bisa dihancurkan oleh sesuatu yang awalnya tampak sepele

Yang mematikan raja Namrudz hanyalah seekor nyamuk yang diutus Allah untuk masuk melalui telinganya dan bersarang di otak raja zalim tersebut. Bayangkan... hal yang tampak sepele namun ternyata menjadi penyebab kematiannya.

Demikian juga dengan api, beberapa pihak melansir penyebab kebakaran di beberapa kota di Israel adalah puntung rokok yang dibuang di area yang mudah terbakar, ditambah dengan cuaca kering dan hembusan angin kencang, jadilah kebakaran hebat yang membumihanguskan beberapa kota di sekitarnya.

Sahabat Ummi, betapa azab Allah itu nyata, namun jangan lupakan bahwa makar musuh-musuh Allah akan terus kita hadapi, sangat mungkin kebakaran yang terjadi di Israel ini akan menjadi alasan mereka (pemerintah Israel) untuk menuding Palestina dan berbuat kerusakan besar lainnya yang kita tahu sering mereka lakukan untuk mendiskreditkan Islam. Tetaplah waspada dan doakan selalu mujahid Allah di manapun berada! Wallaahualam.

sumber: ummionline
Powered by Blogger.