Ingin Cincin Kawin Anda Tetap Seaindah Awal Menikah?


Cincin pernikahan merupakan simbol komitmen cinta kita dengan pasangan. Oleh karena itu, mengenakan cincin pernikahan akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sayangnya, mengenakan cincin setiap hari sambil menjalankan beragam aktivitas harian, ternyata bisa meredupkan pancaran kilaunya.
Dapatkan diskon Rp 300,000 untuk tiket libur Natal & Tahun baru-mu

Supaya cincin kawin Anda bisa tetap berkilau dan dalam kondisi baik, pastikan untuk menghidari 5 kesalahan ini.

Kesalahan #1: Mencuci tangan

Aktivitas ini memang baik untuk menjaga kebersihan, tapi tidak baik untuk kemilau cincin kawin Anda. Ketika mencuci tangan, sabun akan menempel pada berlian dan logam, lalu mengering. Residu sabun akan menutupi kilau cincin dan membuatnya tidak secemerlang biasanya.

Agar tetap mengilap, copot cincin sebelum mencuci tangan. Tapi berhati-hatilah saat melakukannya di tempat publik, agar tidak lupa, masukkan cincin ke dalam kantong celana atau tas terlebih dulu.

Kesalahan #2: Jarang dibersihkan

Perlakukan cincin layaknya sesuatu yang berharga dan perlu dirawat dengan teratur. Jadi bersihkan cincin dengan cara terbaik secara berkala. Anda bisa berkunjung ke toko perhiasan langganan untuk melakukan pembersihkan setiap 6 bulan sekali.

Kesalahan #3: Memakainya saat berolahraga

Rutinitas memeras keringat di pusat kebugaran memang sangat baik bagi kebugaran tubuh, tapi aktivitas ini akan menyiksa cincin. Bersepeda statis, mengangkat beban, atau melakukan aktivitas berat lain dapat merusak cincin. Benturan yang keras atau mengangkat beban pada sudut yang salah dapat berpotensi melepaskan berlian dari kepala cincin.

Risiko tersebut akan meningkat untuk batu-batuan yang lebih lunak, seperti opal, biduri bulan (moonstone), atau zamrud. Sebab batu-batu tersebut sangat rapuh dan mudah pecah. Jadi lebih baik tinggalkan cincin di rumah dulu jika ingin pergi ke gym, atau bisa taruh cincin di dalam tas untuk sementara.

Kesalahan #4: Dipakai saat berkebun

Hobi berkebun? Jika iya, pastikan cincin disimpan dulu sebelum mulai bercocok tanam. Sebab penggunaan alat-alat berkebun, misal gunting kebun, cangkul, sekop, dengan tekanan yang keras lama kelamaan atau langsung bisa membuat cincin menjadi bengkok.

Selain bisa merusak bentuk cincin, kegiatan berkebun juga bisa merusak koneksi antara pengait cincin dengan si batu-batuan. Hasilnya bisa membuat batu-batuan tersebut terlepas.

Kesalahan #5: Paparan produk pembersih atau aerosol

Zat kimia yang ada dalam produk pembersih, parfum, dan bahkan hairspray bisa sebabkan kerusakan pada cincin pernikahan. Meski tidak bisa merusak berlian, tapi zat kimia tersebut akan membungkus berlian dan membuatnya sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pekerjaan rumah simpan cincin kawin di tempat yang aman.

Sumber: merdeka