Header Ads

Hati-hati! Ini Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Pengendara Saat Hujan.....Bisa Berbahaya Lho

ilustrasi




Setiap hujan turun ada-ada saja kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pengendara mobil dan motor di jalan raya. Hal itu tentu sangat membahayakan si pengendara sendiri dan orang lain.

Berikut ini kebiasaan buruk yang dilakukan pengendara saat hujan, seperti dikutip dari Queenrides, Senin (12/12/2016).

1. Menyalakan Lampu Hazard

Jangan sekali-kali menyalakan lampu hazard di tengah guyuran hujan deras, karena bisa membuat bingung dan mengaburkan penglihatan pengendara lain. Cukup menyalakan lampu besar atau lampu utama mobil agar kendaraan Anda terlihat oleh pengguna jalan lain. Gunakan lampu hazard hanya sebagai tanda darurat.

2. Mengerem Mendadak

Saat hujan Anda harus menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan untuk menghindari pengreman mendadak. Dalam kondisi hujan, tapak ban ke permukaan jalan atau aspal tidak maksimal. Kalau Anda mengerem mendadak bisa kehilangan keseimbangan dan ban motor bisa selip.

3. Kendalikan Gas

Usahakan gas dikendalikan secara stabil dan mulus. Jangan mengebut, karena jalan licin dan jarak pandang minim. Lebih baik konsentrasi saat mengemudi dan injak pedal gas secara halus.

4. Genangan Air

Banyak pengendara mobil dan motor yang menganggap remeh genangan air. Tidak sedikit yang melaju kencang di jalan yang digenangi air, sebenarnya cara itu sangat membahayakan karena berisiko terjadinya hydroplaning.

5. Berteduh di Bawah Jembatan

Cari tempat berteduh yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas. Jangan berteduh di bawah jembatan penyeberangan atau jalan layang karena selain membahayakan bisa mempersempit ruang untuk kendaraan lain yang ingin melintas. Hindari juga berteduh di bawah pohon besar sebab berisiko tumbang yang dapat membahayakan pengendar motor.

sumber: okezone
Powered by Blogger.