Header Ads

Gawat! Ahok Bebas, Gde Sriana Sebut Bakal Muncul Pembangkangan Sipil Yang Sangat Ditakuti Penguasa

ilustrasi




Akan muncul pembangkan sipil jika Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinyatakan bebas dan tidak bersalah dalam kasus penistaan agama.

“Dalam kasus penistaan agama oleh Ahok, aksi boikot dapat berkembang menjadi pembangkangan sipil, jika negara berlarut-larut tidak menangkap Ahok. Apalagi membesaskan Ahok,” kata Direktur Eksekutif Soekarno Institute For Leadership, Gde Sriana.

Kata Gde Sriana, bentuk pembangkangan sipil yang sangat ditakuti penguasa adalah menolak membayar pajak dan mogok kerja nasional.

“Perlu diingat oleh Pemerintah, dalam beberapa peristiwa pembangkangan sipil di beberapa negara, selanjutnya diikuti dengan tumbangnya rezim penguasa,” paparnya.

Gde mengatakan, aksi boikot yang telah terjadi seperti terhadap layanan jasa antar on line Grab, produk makanan (roti) dan sebuah media (stasiun) televisi. Boikot umat Islam kepada pihak-pihak itu dalam sekejap menjadi viral di media sosial.

“Seketika itu juga kini disadari, baik oleh umat Islam sendiri maupun pihak-pihak di luar gerakan boikot ini, bahwa ternyata aksi boikot umat Islam sangat cepat dan kuat dalam menyatukan sikap masyarakat dan berdampak parah pada pihak-pihak yang diboikot,” jelasnya.

Menurut Gde, jika boikot dan pembangkangan sipil didasari dengan semangat membela agama. Karena umat Islam percaya, hanya kehendak Allah yang menyatukan dan menggerakkan jutaan hati hamba-NYA serta mengatur seluruh kebutuhannya.

sumber: Postmetro
Powered by Blogger.