Header Ads

Bunda, Asupan Kalsium Juga Bisa Dipenuhi Dari Sayuran Loch


Asupan kalsium selama ini lebih dikenal sebagai pembentuk tulang dan gigi anak. Padahal fungsi kalsium juga membantu pertumbuhan otot-otot dan saraf bayi agar berkembang maksimal dan dalam kondisi yang sehat.

Kalsium juga dapat membantu proses pembekuan darah dan membantu mengatur fungsi jantung pada bayi. Hal ini membuat bayi Anda tetap dalam keadaan rileks. Lalu berapa banyak asupan kalsium per hari yang dibutuhkan anak?

" Untuk usia 0-12 bulan, bayi tak membutuhkan kalsium tambahan karena sudah mendapatkanya dari ASI. Baru pada usia 1,5-3 tahun, anak membutuhkan tambahan 700 mg kalsium per hari. Untuk anak usia 4-8 tahun membutuhkan tambahan 1.000 mg kalsium per hari," ujar Andrea Halley, seorang dokter anak.

Produk susu memang jadi andalan dalam hal kandungan kalsium yang tinggi. Keju, yogurt, dan es krim susu juga bisa diberikan pada buah hati untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Selain itu banyak juga sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Seperti bayam, kol hijau, brokoli, kacang polong, buncis dan peterseli.

" Pastikan dalam menu hariannya terdapat asupan kalsium. Tapi jangan memberikannya secara berlebihan, berikan saja dengan prosi yang cukup secara teratur setiap hari," kata Andrea.

Sering-seringlah menjemur bayi agar ia mendapatkan vitamin D. Vitamin tersebut membantu penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi.

Sumber: dream
Powered by Blogger.