Mengasuh dan mendidik anak memang sebuah tanggung jawab besar orang tua. Pastinya harapan semua orang tua adalah buah hati bisa tumbuh jadi anak yang sehat dan cerdas. Agar anak bisa tumbuh jadi pintar dan cerdas ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Setidaknya ada lima tips dasar soal mengasuh anak agar bisa tumbuh pintar. Tips-tips dasar pun sangat mudah dan bisa langsung dicoba. Selengkapnya, yuk ikuti penjelasan lebih detailnya di sini, Bunda.

    Gunakan Jari Telunjuk

    Dikutip dari familyshare.com, menurut penelitian yang dipublikasikan di Infant Behavior & Development, balita bisa lebih cepat belajar dan memahami bahasa ketika orang tua menunjuk objek sambil menyebutkan namanya. Dengan kata lain, untuk membantu anak mengembangkan kemampuan berkomunikasinya, gunakan bahasa tubuh yang jelas soal benda yang sedang dibicarakan atau bermain game menunjuk benda lalu menyebutkan namanya.
  
 Gunakan Intonasi Tinggi Saat Berbicara
    Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Boston University, berbicara dengan bayi menggunakan tata bahasa yang disederhanakan dan intonasi tinggi yang dilebihkan bisa membantu meningkatkan kemampuannya mengingat kata lebih baik daripada jika diajak bicara dengan cara datar. Saat berbicara atau mengajak ngobrol si kecil, tak apa untuk sedikit mendramatisir kata atau kalimat yang digunakan. Misalnya, "Wah, kupu-kupu itu cantiiiiik sekaliiiii." Dengan begitu, kemampuan berbahasa anak bisa jadi lebih baik.

    Biarkan Anak-Anak Makan Berantakan

    Ada penelitian yang menarik, nih. Jadi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Developmental Science, balita yang membuat makanannya berantakan itu bisa mengembangkan kemampuan berbahasanya lebih cepat daripada yang tidak suka bikin berantakan. Kenapa bisa begitu? Para ilmuwan memiliki hipotesis bahwa anak-anak mungkin akan merasa sedikit kesulitan mengenali objek yang bentuknya susah dipegang (seperti susu atau saus) tapi proses memegang objek tak padat membantu mereka bisa belajar cara membedakan masing-masing objek. Anak-anak bisa belajar sesuatu dari kegiatan mereka yang suka membuat makanan berantakan.

    Jangan Langsung Memberikan yang Anak Minta

    Sebagai contoh, jangan langsung memberikan anak jajanan atau permen setiap kali ia meminta. Memanjakan anak setiap waktu malah bisa berdampak kurang baik. Ajarkan anak soal kesabaran dan kemampuan untuk mau menunggu. Dengan begitu, ia akan tumbuh dengan kemampuan kognitif dan akademis yang lebih baik.

    Izinkan Anak Menonton Acara di TV


    Ternyata kegiatan menonton televisi bisa jadi sarana anak untuk belajar sesuatu. Dengan catatan acara yang ditonton memiliki nilai edukatif dan ditonton dalam kadar waktu yang cukup. Selain itu, perlu juga untuk mendampingi anak saat menonton sebuah acara untuk membantunya memahami sejumlah kata atau nilai-nilai yang diajarkan di acara tersebut.

Lima tips di atas memang tips yang paling dasar yang bisa Bunda lakukan. Yang tak kalah pentingnya lagi adalah berusaha menyesuaikan setiap teknik atau cara mengasuh dengan kepribadian serta kondisi yang dialami anak. Semoga info dan tips-tips di atas bisa bermanfaat, ya.

Sumber: vemale
Share To:

Portal Dunia

Post A Comment: