Skip to main content

Begini Cara Tepat Hilangkan Kutu Rambut dengan Cepat

ilustrasi

Kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang disebabkan oleh penggunaan sisir, penggunaan handuk, kurang menjaga kebersihan rambut ataupun karena perubahan pola hidup yang dimudahkan dengan peralatan modern.

Kondisi ini akan menyebabkan banyaknya telur-telur kutu yang mungkin ditularkan pada mereka yang memiliki kutu rambut. Kutu rambut biasanya ditemukan di pinggir kepala, kulit halus di telinga dan daerah leher. Kebanyakan kutu rambut yang hidup di kulit kepala manusia adalah jenis kutu rambut betina yang ukurannya sedikit lebih besar dari kutu rambut jantan, karena kutu rambut betina menyimpan banyak telur di tubuh belakangnya yang siap menetas kapan saja.

Kutu rambut mengalami perkembangan cukup cepat, karena menghisap darah dan mencari makanan di kulit kepala. Kutu rambut dapat berpindah dari kulit kepala ke rambut orang lain. Adanya kutu rambut menjadi masalah tersendiri bagi Anda dan orang disekitar. Ingin membasmi kutu rambut?

Berikut cara cepat menghilangkan kutu rambut :

Memotong Rambut
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kutu rambut, ada baiknya untuk memotong atau memangkas rambut. Jika kutu rambut dialami wanita, mereka bisa memotong rambut menjadi pendek agar pertumbuhan kutu tidak semakin berkembang. Dan jika terjadi pada pria, dapat memangkas rambut hingga botak plontos sehingga tidak ada lagi kutu rambut yang hidup di kulit kepala maupun rambut.

Menggunakan Obat Kimia Pembasmi Kutu Rambut
Di apotik, di pasar atau di warung biasanya menjual obat pembasmi kutu rambut dengan berbagai merk dagang. Umumnya mereka yang memiliki masalah dengan kutu rambut merasa lebih efektif menggunakan obat bahan kimia untuk menghilangkan kutu rambut, selain menyisir rambut tiap hari dengan menggunakan sisir rapat (serit).

Namun, setiap merek pembasmi kutu rambut yang dijual pastinya mengandung efek samping terhadap rambut, misalnya rambut rontok, kulit kepala terasa gatal, tumbuhnya ketombe dsb.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Caranya, dengan mencampur 2 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan air jeruk nipis secukupnya. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kepala sambil dipijit perlahan kulit kepala selama beberapa menit. Selanjutnya, tutuplah kepala dengan menggunakan shower cap dan biarkan selama 1 jam. Lalu keramas sampai bersih, setelah rambut kering sisirlah rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat (serit) untuk membersihkan sisa-sisa telur kutu yang masih melekat di rambut atau kulit kepala.

Lakukan cara ini sampai beberapa kali dalam satu minggu hingga telur dan kutu rambut hilang.

Minyak Kelapa
Hangatkan minyak kelapa, kemudian balurkan minyak kelapa hangat tersebut ke kepala dan kulit kepala secara merata. Lalu tutup kepala dengan menggunakan handuk putih bersih diamkan selama semalaman. Keesokan harinya keramas seperti biasanya sampai tidak ada lagi minyak kelapa yang tersisa di rambut.

Lakukan cara ini sebelum tidur, selama 3 malam berturut-turut dan ulangi selama kutu belum hilang.

Cuka Putih
Cuka putih sebenarnya tidak membunuh kutu rambut, hanya melepaskan genggaman telur kutu yang bergelantungan di rambut. Cuka putih juga mengandung antiseptik yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran, jamur dan bakteri.

Caranya, membasahi kulit kepala dengan cuka putih sambil dipijat secara perlahan, kemudian tutup kepala dengan shower cap selama 30 menit agar cuka putih meresap dan bekerja. Setelah 30 menit, telur-telu kutu akan lepas dari rambut dan berjatuhan, kemudian sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi halus dan rapa (serit). Lalu keramasi rambut sampai bersih, ulangi beberapa kali sampai kutu rambut benar-benar hilang.

Demikian cara menghilangkan kutu rambut secara cepat dan mudah, semoga cara di atas dapat berguna buat Anda semua. Pastikan juga Anda tetap menjaga kebersihan rambut anda agar terhindar dari kutu rambut.

Sumber: portalmadura

Popular posts from this blog

Soal Ormas Asing, Pakar Hukum: Panglima TNI Imbau Untuk Waspada, Pemerintah Kok Malah Seperti ini?

Portaldunia.com, JAKARTA - Pemerintah diminta untuk mencabut pasal dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2016 yang membolehkan warga negara asing (WNA) mendirikan organisasi masyarakat (ormas).

"Pemerintah harus cabut pasal yang mengatur WNA bisa bikin ormas di Indonesia," kata pakar hukum tata negara Margarito Kamis kepada SiNDOnews, Sabtu (17/12/2016).

Margarito menilai, pasal yang mengatur WNA bisa mendirikan ormas bertentangan dengan semangat melindugi negara dari hegemoni asing.

Padahal, kata dia, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di berbagai kesempatan selalu mengedepankan semangat untuk melindungi masyarakat.

"Panglima TNI selalu imbau kita untuk waspada. Pemerintah kok malah buat peraturan seperti ini," ucap Margarito.

Presiden Joko Widodo pada 2 Desember 2016 telah menandatangani PP Nomor 58 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. PP tersebut membolehkan warga negara asing mendirikan ormas…

Keterlaluan! Panji Hitam yang Dimuliakan di Aksi 212 Malah Dijadikan Barang Bukti Teroris

Keterlaluan! Panji Hitam yang Dimuliakan di Aksi 212 Malah Dijadikan Barang Bukti Teroris

Setelah Umat Islam mulai mengenal dan mencintai bendera Islam Al Liwa (bendera putih tulisan tauhid hitam) dan Ar Rayah (panji hitam tulisan tauhid putih), Polisi kembali memainkan dapur opininya untuk memonsterisasi bendera mulia ini.

Sebagaimana dilansir detikNews hari ini 15/12, Kadiv Humas Polri Irjen Rafli Amar melakukan jumpa pers untuk menunjukkan barang bukti teroris#BomPanci di Bekasi beberapa waktu yang lalu. Di antara barang bukti itu ada senapan angin, pisau, mandau, celurit, rice cooker, tabung reaksi, dan bendera Ar Rayah.

Tentu kita bertanya-tanya, kenapa Bendera Ar Royah dimasukan sebagai barang bukti kegiatan teror? Sebagaimana dulu polisi juga pernah memasukkan Al Quran dan Kitab Tafsir sebagai barang bukti teroris.

Tujuan yang pasti dari semua itu adalah monsterisasi simbol-simbol Islam. Sungguh ini merupakan penghinaan yang keji dan keterlaluan.
Ketahuilah Pak Polisi, apapun tenden…

Waspadalah, yang suruh-suruh membubarkan Ormas Islam itu Faham Komunis dan Agen Aseng

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mengatakan, pernyataan politisi PDI-P Eva Kusuma Sundari yang meminta dirinya keluar dari Indonesia jika tidak percaya proses hukum dalam kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok karena dirinya dan FPI sangat anti komunis sehingga menjadi musuh besar PKI.

"Pantas saja politisi PDIP Eva Sundari meminta saya keluar dari Indonesia, karena saya dan FPI sangat anti komunis sehingga menjadi musuh besar PKI. Sekarang ini banyak tokoh dan partai telah disusupi faham komunis atau PKI,” kata Habib Rizieq Shihab dalam pernyataan resminya di web pribadinya, Jumat (9/12/2016).

Agen Asing

Sementara Juru Bicara FPI Munarman mengatakan, umat Islam harus mengetahui sosok Politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari yang kerap menyerukan pembubaran ormas Islam seperti FPI, serta mendesak Kemenkominfo untuk menutup situs-situs Islam.

“Hati-hati dengan Eva Sundari itu, dia di bawah kendali warga asing. Dia menyusup ke partai nasionalis agar samarannya se…