Header Ads

Awas! Jangan Biasakan Tidur Seharian saat Flu, Ini Alasannya...

ilustrasi

Jakarta, Saat flu menyerang, bergelung selimut di tempat tidur sepertinya menjadi pilihan terbaik bukan? Tapi sebetulnya hal itu bisa berujung pada masalah kesehatan serius.

Memang Anda tak disarankan untuk tetap beraktivitas saat terkena flu karena berisiko menyebarkan virus pada orang-orang di sekitar. Namun hanya berdiam diri di ranjang pun rupanya bisa memperparah kondisi.

Dr Erich P Voigt, MD, dokter THT mengungkap kepada Business Insider penyebab tempat tidur bukanlah lokasi terbaik untuk menghabiskan waktu ketika flu. Hal itu diungkapnya setelah salah seorang pasiennya bertanya apakah diperbolehkan untuk berolahraga ketika sakit.

Dr Voigt memang tidak menyarankan Anda untuk lari atau "mencari keringat" di gym, menurutnya beristirahat bukan berarti sama sekali tak beranjak dari tempat tidur.

Berada di tempat tidur seharian pasalnya memicu masalah lain.

"Mukus (lendir) tebal yang perlu Anda keluarkan ketika pilek bisa menempel di dada dan menjadi bronkitis atau pneumonia," jelasnya.

Saat kita tak bisa bernapas bebas dan tak aktif bergerak, paru-paru kita bisa bobol dan menyebabkan atelektasis yang berujung pada paru-paru penuh cairan atau pneumonia.

Melansir laman Mirror, Sabtu (10/12/2016), bukan hanya itu masalah kesehatan yang muncul dari berdiam diri di tempat tidur saat flu. Aliran darah pun jadi tak lancar di bagian kaki.

"Jadi sebaiknya Anda bangun dan berjalan-jalan di sekitar bila sedang flu atau pilek. Jangan hanya berbaring di tempat tidur. Tapi tak perlu juga pergi ke gym," tutup Dr Voigt.

Sumber: liputan6
Powered by Blogger.