Header Ads

Anak Terus - Terusan Muntah, Lakukan Ini Bun....


Muntah pada anak bukan kondisi yang bisa dibilang sepele. Apalagi jika disertai buang air besar sangat sering. Jika dibiarkan, bisa memicu dehidrasi hingga kehilangan kesadaran.

Penyebab muntah yang paling umum adalah viral gastroenteritis atau dikenal juga sebagai flu perut. Flu ini bisa berlangsung selama beberapa hari atau lebih dari satu minggu.

Muntah dan buang air yang disebabkan virus ini tak perlu mengonsumsi obat. Hanya perlu banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

" Muntah dan diare karena virus akan sembuh dengan sendirinya. Bisa minuman cairan oralit agar tubuh tak terlalu lemas. Untuk buang air besar juga demikian, tidak boleh dihentikan, karena justru dengan buang air besar virus bisa keluar dari tubuh," kata Lana Goldfein, salah satu dokter anak.

Jika anak muntah berulang kali disertai gejala seperti demam, lesu, atau disertai buang air besar berdarah, segera bawa ke rumah sakit. Biasanya muntah dengan buang air besar yang berdarah dipicu oleh bakteri. Hal ini biasanya harus diatasi dengan pemberian antibiotik.

Keracunan makanan juga bisa menyebabkan anak muntah terus-menerus. Apabila sebelum muntah anak makan-makanan yang tidak segar atau berbau, segara periksakan ke rumah sakit.Saat anak muntah, ini berarti ada banyak cairan yang keluar dari tubuhnya.

Risiko yang mungkin muncul adalah dehidrasi. Untuk menghindari, setelah muntah berikan segelas air hangat. Tapi jika anak buang air kecil lebih sering dari biasanya, tidak ada air mata saat menangis, bibirnya pecah-pecah, dan kulitnya terlihat keriput, segera bawa ke UGD. Kondisi tersebut mengindikasikan kalau si kecil mengalami dehidrasi dan harus segera diinfus.

Sumber: dream
Powered by Blogger.