Header Ads

Ahamdulillah...Rupiah Bakal Punya Sudara Baru


Bank Indonesia (BI) akan merilis satu set uang rupiah baru pada 19 Desember 2016. Uang ini terdiri atas 7 pecahan uang kertas dan 4 uang logam dengan gambar pahlawan.

Dilansir dari setkab.go.id, Kamis 15 Desember 2016, Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi mengatakan, ada beberapa uang rupiah yang segera diterbitkan bank sentral.

Uang-uang itu yakni uang kertas nominal Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1.000. Untuk uang logam, pecahan yang diterbitkan adalah Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100.

Saat uang ini dikeluarkan, kata Suhaedi, uang yang lama tetap berlaku. Nantinya BI akan mengumumkan pecahan mana dan emisi kapan yang akan ditarik secara bertahap.

Dicontohkan, BI sudah mengumumkan yang mana yang akan ditarik, masyarakat yang memegang uang itu bisa menukar yang tersebut dalam jangka waktu 5 tahun di seluruh bank di Indonesia.

Setelah periode 5 tahun, masyarakat tetap bisa menukarkan uang lama di BI di cabang-cabang di seluruh Indonesia dalam jangka waktu 10 tahun setelah pengumuman.

“ Jadi, kami melakukan survei ke seluruh wilayah Indonesia, sampai pecahan mana yang masih dibutuhkan secara banyak,” kata dia di Jakarta.

Sumber: dream
Powered by Blogger.