Razia Laptop Di Bandara Soekarno-Hatta

Jika ingin melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri dengan menggunakan pesawat terbang dan mengharuskan membawa laptop untuk keperluan pekerjaan, maka pastikan menggunakan operating system (OS) yang asli. Sekarang ini setiap penumpang yang membawa laptop dalam perjalanannya akan di periksa di Bandara, dan jika diketahui menggunakan produk bajakan akan dikenakan denda kurang lebih Rp. 250.000,- . Bayangkan jika harus melakukan perjalanan berkali-kali, berapa denda yang harus dibayar dan angka tersebut bisa mencapai harga produk asli.

Pertama laptop akan di periksa fisik, biasanya jika menggunakan OS asli akan ada stiker (COA Sticker) yang menunjukan keasliannya dan di tempel di badan laptop. Banyak yang tidak mengetahui tentang stiker ini sehingga gampang sekali untuk terjadi penipuan. Untuk mendapatkan produk yang asli sebaiknya membeli di tempat penjualan resmi, karena saat ini barang bajakannya di jual dengan harga hampir sama dengan aslinya dan pembeli akan lebih percaya. Di bandara stiker palsu sangat mudah diketahui karena serial number akan langsung diperiksa, petugas akan langsung melepas stikernya kemudian mempersilahkan membayar denda dan kemudian diberi stiker berwarna merah yang menunjukan telah diperiksa.

Stiker windows COA (certificate of authenticity) merupakan bukti bahwa laptop menggunakan salinan windows asli. Jika dilihat sekilas COA asli dan palsu tampak sama, namun masih bisa dibedakan secara kasat mata. Perbedaannya terletak pada benang dan permukaan stiker, yang asli benang pengaman rapi dan menyatu dengan kertas serta permukaannya seperti memiliki serat dan tidak licin. Sedangkan yang palsu benang seperti ditempel dan tidak rapi, permukaan stiker licin seperti tempelan. Hampir sama seperti membedakan uang asli dengan uang palsu.

Razia laptop di bandara dilakukan kepada semua penumpang yang membawa laptop, jadi tidak di pilih secara acak seperti rumor yang selama ini tersebar dan akan di laksanakan pada seluruh bandara yang ada di Indonesia. Menggunakan OS asli mempunyai banyak keuntungan selain lebih tahan serangan virus karena selalu di update setiap saat dan juga membuat laptop berada pada kondisi optimal dalam menjalankan system. Jadi jangan karena adanya razia laptop di bandara baru akan menggunakan yang asli.