Musibah Banjir Jakarta Awal Tahun 2013

Beberapa hari ini berita di televisi dan berbagai media didominasi oleh banjir yang melanda Ibukota Jakarta. Banjir yang mencapai tinggi 4 meter ini melumpuhkan kegiatan masyarakat. Menurut Direktur Eksekutif Greenomics Elfian Effendi, perekonomian ditaksir merugi sebesar 15 trilyun.

Jika diperhatikan, sesungguhnya curah hujan yang terjadi tidak lebih banyak dibandingkan kondisi banjir Jakarta tahun 2007, namun akibatnya melebihi musibah banjir Jakarta tahun 2007 tersebut. Dapat difahami kejadian ini jika kita mau melihat tata ruang Ibukota, berapa jumlah pertambahan gedung bertingkat setiap tahunnya? belum lagi jika kita melihat ruang terbuka hijau di ibukota tercinta ini, semakin hari semakin sempit saja. Daerah resapan air menjadi amat sedikit karena tertutup tanah beraspal atau beton dari gedung – gedung yang dibangun tanpa memperhatikan kesesuaian dengan lingkungan.

Sesungguhnya kenyamanan Jakarta tidak bisa hanya tergantung pada pembuat kebijakan seperti Gubernur, tapi amat bergantung pada perilaku sehat penghuni Jakarta itu sendiri. Sebagai contoh, andai saja setiap rumah membuat biopori sebagai tempat resapan air minimal untuk menampung curah hujan yang turun dari atap rumahnya sendiri, dapat dibayangkan berapa banyak air yang terserap ke dalam tanah dan tidak menjadi air permukaan yang mengakibatkan banjir.

Sungguhpun Gubernur DKI Jakarta bekerja keras dan berusaha menata Jakarta menjadi tempat yang lebih baik, tetap yang amat diperlukan adalah perilaku penduduk Jakarta yang berfihak kepada lingkungan. Dalam hal ini kesadaran dan kemauan untuk terbebas dari banjir amat diperlukan. Dapat dibayangkan jika tidak ada perbaikan  secepatnya dalam hal tata ruang, pertambahan daerah resapan air, dan pertambahan penduduk yang makin membebani Jakarta, apa yang akan terjadi pada Jakarta 5 tahun yang akan datang? tentu tidak ada yang menginginkan Banjir Jakarta seperti saat ini terulang lagi

Memulai dari diri sendiri adalah langkah terbaik untuk membuat Jakarta menjadi lebih nyaman untuk ditempati.