Macam-Macam Gaya Belajar

Sebagai orangtua yang memiliki anak usia sekolah terutama siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar, penting bagi kita untuk terlibat dalam mengajar mereka di rumah. Karena mereka manusia muda yang belum mengerti benar cara belajar yang baik dan efektif, atau terkadang mereka mendapat kesulitan dalam memahami pelajaran. Ketika mengajar  kita sering menemukan bahwa kepribadian seorang anak berdampak pada bagaimana mereka belajar atau yang disebut gaya belajar. Ada 3 (tiga) Gaya belajar utama yaitu gaya belajar visual,  gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Meskipun benar bahwa setiap anak belajar di masing-masing cara, ada satu gaya tertentu bahwa anak Anda terkuat. Dalam panduan ini, Anda akan belajar tentang gaya belajar sehingga Anda dapat menentukan yang merupakan gaya belajar yang dominan untuk anak Anda.

The Learner Visual
Anak yang belajar visual dapat lebih mudah mempelajari informasi melalui indra penglihatan. Biasanya mereka akan lebih mudah memahami bahan pelajaran yang disampaikan dalam bentuk visual seperti tulisan, gambar atau diagram

The Learner Auditory
Anak yang belajar auditory mempertahankan informasi melalui indera suara, biasanya mereka serius menyimak ucapan dan terganggu oleh suara gaduh

The Learner Kinestetik
Salah satu jenis yang paling umum dari gaya belajar adalah pelajar kinestetik yaitu anak yang belajar melalui sentuhan. Biasanya anak dengan tipe gaya belajar kinestetik sulit untuk berdiam diri. Biarkan anak untuk memanfaatkan komputer untuk belajar keterampilan dan konsep.

Dengan memahami macam – macam gaya belajar kita dapat membantu anak belajar lebih baik, penyerapan informasi dimaksimalkan dan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari keterampilan baru diminimalkan. Mengetahui gaya belajar anak Anda juga dapat membantu Anda menentukan cara yang paling cocok untuk mengajar anak Anda secara efektif.

Tags: ,

Leave a Reply