Penyebab Anak Suka Memukul

Pusing dengan kenakalan anak yang sering membuat anak lain menangis? Kenakalan anak Anda terkait dengan hobinya yang memukul. Bahkan bukan saja anak-anak yang dia pukul, Andapun sering menjadi sasaran pemukulannya. Apa penyebab anak suka memukul?

Sebetulnya kepribadian anak sangat didominasi oleh pendidikan yang diberikan oleh orang tuanya. Pendidikan dari rumah yang menjadi pendidikan awal yang menjadi bekal pergaulan anak secara sosial. Walaupun kadang, anak terpengaruh dengan teman sebayanya atau bahkan antara anak saling mempengaruhi karakter, Anda tetap harus tahu apa penyebab anak suka memukul.

Beberapa penyebab anak suka memukul adalah:

1. Dia melihat.
Jika anak Anda sering bergaul dengan anak yang juga suka memukul, maka dia akan menjadi anak yang suka memukul. Tapi sebelumnya, apakah di rumah Anda tidak ada anggota keluarga yang suka memukul? Sebaiknya Anda juga melihat ke dalam rumah Anda.

2. Dia meniru.
Jika anak Anda suka main game yang penuh dengan kekerasan maka dia akan meniru permainan yang dianggapnya asyik itu. Sebaiknya Anda mulai mengerem kebiasaannya bermain game yang mengetengahkan permainan yang keras supaya anak Anda tidak semakin menjadi-jadi dengan kebiasaannya.

3. Dia menunjukkan dirinya kuat.
Anak Anda ingin menjadi sentral dalam pergaulan, dia ingin menunjukkan dirinya kuat. Itu sebabnya dia memukul temannya dan merasa menang ketika temannya menangis.

4. Dia kurang mampu mengendalikan emosi.
Anak yang ringan tangan kemungkinan besar tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Anda harus mulai mengatur emosinya dengan baik agar kebiasaan ini tidak berlanjut.

5. Dia ingin diperhatikan.
Jika Anda sibuk, bisa jadi kebiasaan memukul karena anak mencari perhatian Anda. Lakukan pendekatan dengan anak Anda supaya dia mulai merasa terperhatikan.

6. Dia dipukul.
Apakah Anda suka memukulnya? Jika YA, maka kebiasaan memukul anak Anda berasal dari Anda sendiri.

Apakah 6 penyebab anak suka memukul cocok dengan Anda? Jika Ya, segera mencari solusi agar anak tidak membiasakan diri memukul dalam keadaan apapun.